Komponen Utama Sistem Inert Gas

komponen utama inert gas

Komponen-komponen Utama Sistem Inert Gas

Dalam merencanakan dan meletakkan alat-alat komponen utama inert gas diatas kapal yang pertama-tama diperhatikan adalah daerah-daerah berbahaya atau hazardous yang berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran, seperti ruang pompa muat dan tanki tanki muat dan non hazardous yaitu daerah tidak berbahaya yang meliputi ruangan selain tanki muat dan ruangan pompa.
Adapun tujuan dari pembagian seperti yang tersebut diatas adalah untuk menghindari alat-alat tersebut  salah tempat yang dapat membahayakan misalnya terjadi kebocoran, sehingga yang harus diperhatikan dalam merencanakan suatu sistem apalagi yang menyangkut keselamatan maka sistem tersebut harus
  1. Simplicity (sederhana dan tidak rumit)
  2. Reability (dapat berfungsi dengan baik dan sempurna)
  3. Maintainability (mudah untuk perbaikan dan perawatan)

Komponenen-komponen Utama Dalam inert Gas 

1.Generator gas lembam 

Generator gas lembam merupakan suatu alat yang ditempatkan di engine room berfungsi menghasilkan gas lembam yang berasal dari gas hasil pembakaran boiler.

“ Inert Gas di kapal tanker dihasilkan oleh sebuah alat yang disebut generator gas lembam dan dipasang diatas kapal sebanyak 1 set dengan kapasitas 4500 Nm3 / jam. 3)”

Alasan utama menggunakan generator gas lembam antara lain karma alat tersebut telah dirancang dalam satu konstruksi dengan tipe vertikal dimana gas lembam yang diproduksi langsung didinginkan dan dibersihkan dari sulphur dan kotoran-kotoran lainnya. 

Didalam generator gas lembam tersebut  terdapat:

a. Inert gas scrubber

Inert as scrubber ini berada dalam satu konstruksi dengan generator gas lembam. Fungsi utama scrubber ini adalah membersihkan gas hasil pembakaran pada generator gas lembam dengan cara mengeluarkan gas sulfur  oksida dan parikel partikel padat sampai 90 % dan alat ini dirancang untuk mendinginkan gas untuk dijadikan inert gas sampai 30c- 50c diatas temperatur air laut.

Scrubber yang baik terbuat dari midle stell dan daerah yang material bahan karat sesuai dengan pengaruh korosi gas (Gambar terlampir).

b. Demister

Fungsi utama alat ini adalah sebagai penyaring gas yang sudah dicuci dan didinginkan di scrubber, dimana masih ada sisa-sisa parikel dan air.  Demister berada satu konstruksi dengan generator gas lembam, dengan melalui demistor ini ± 96 % endapan atau partikel dan air dapat dikeluarkan. Konstruksi demister terbuat dari mild stell yang terdiri dari kipas berbentuk ring untuk menghisap masuk kemudian mengalirkan gas yang sudah bersih ke tangkki-tangki.

2. Blower gas lembam

Gas yang sudah bersih yaitu berasal dari scrubber dan demister dialirkan ke tanki-tanki muat oleh blower melalui instalasi pipa gas lembam, jadi fungsi dari pada blower adalah sebagai pompa pengantar gas lembam ke tanki muat. 

Blower untuk kapal tanker ini berjumlah dua buah, dengan kapasitas masing-masing 4500 m3/jam, pada sistem ini blower tersebut mampu mengalirkan gas lembam ketanki muat dengan kapasitas totalnya harus 125 %  dari kapasitas muat pompa, sesuai dengan ammendement SOLAS 1974, Regulation 62 part  F: 

“Sistem harus dapat menyediakan gas lembam pada skala penyaluran sekurang-kurangnya 125 persen dari kapasitas maksimum yang ditetapkan dari pompa-pompa muat”.

3. Deck Water Seal

Deck water seal berfungsi sebagai alat untuk mencegah aliran balik dari gas hydrocarbon yang mudah terbakar dari tanki muat ke-kamar mesin atau daerah-daerah yang seharusnya bebas gas dimana alat-alat gas lembam terpasang, terutama jika pemakain gas lembam dihentikan untuk sementara. 

Jika gas lembam dialirkan kedalam tanki muat maka gas lembam tersebut akan melalui air secara bergelembung dan seballiknya kalau ada tekanan balik dari tanki muat maka air akan tertekan dan menyumbat tabung gas sehingga gas hydrocarbon dapat dicegah mengalir ke daerah kamar mesin. 

Ada beberapa macam konstruksi dari deck water seal antara lain :
  1. Wet Type
  2. Semi Dry Type
  3. Dry Type
Dari ketiga Deck Water Seal yang dipakai di kapal tanker adalah Wet Type karena lebih aman dan praktis. Karena terdiri dari saluran gas yang berbentuk U terpasang bersama  Water Reservoir (tanki air). 

Jika inert gas tidak dialirkan ke tanki serta tidak mengalami  Back Pressure dari dalam tanki maka permukaan air dalam tanki akan sama tinggi, kalau inert gas dialirkan ke tanki muat maka Inert gas tersebut akan melalui air secara bergelembung dan sebaliknya kalau ada tekanan balik  (Back flow) dari tanki muat maka air akan tertekan dan menyumbat tabung gas (duck) sehingga gas hydrocarbon tidak dapat mengalir kedaerah kamar mesin. 

Deck Water seal terbuat dari Mild Stell dan daerah yang digenangi air dilapisi dengan anti karat atau Epoxy, untuk kapal -kapal yang berlayar kedaerah dingin alat ini dilengkapai dengan heating coil (pemanas) untuk mencegah pembekuan air dalam Deck Water seal.

Air yang terdapat dalam Deck Seal harus dipertahankan tinggi permukaanya, guna mempertahankan ketinggian air yang dialirkan secara terus menerus dengan pompa tersendiri yang beroperasi selama 24 jam. 

Hal ini sangat penting dalam mencegah adanya gas hdrocarbon yang mudah terbakar mengalir kembali kekamar mesin, sebab itu dipasang tempat melihat permukaan air (Sight Glass), dan harus selalu dalam keadaan bersih serta harus terbuat dari bahan yang tahan dengan benturan.

4. Mast Riser

Fungsi utama dari mast riser adalah sebagai tempat memasang katup pengaman dan juga berfungsi sebagai pembuang gas terutama pada proses pemuatan dan pembebasan gas yang biasa disebut katup gas lembam, katup ini harus dibuka kalau instlasi gas lembam tidak bekerja untuk mencegah kemungkinan kebocoran gas yang disebabkan oleh tekanan yang semakin tinggi dalam tanki melalui P / V Valve dan valve ini harus tahan api dan tahan karat yang disebabkan oleh gas- gas hydrocarbon (Gambar terlampir).


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI