- Dokumen Dan Sertifikat Yang Harus Ada Di Kapal
- Hak Dan Kewajiban Pengankut (CARRIER)
- Hal Yang Harus Dipertimbangkan Ketika Kapal Tanker Muat
- Informasi Sebelum Kedatangan Kapal tanker terminal Bongkar Muat
- Jenis-Jenis Kontainer (petikemas) CONTAINER
- Komponen Kontainer atau bagian-bagian Petikemas
- Laporan Kedatangan Kapal Ke Kepanduan.
- Nama dan Fungsi Tali Tambat kapal.
- Persiapan Pemuatan Kapal Tanker
- Persiapan Sebelum Kapal Memasuki Pelabuhan
- ALAT-ALAT PEMADAM KEBAKARAN DI KAPAL - New!
- BERLAYAR DI ALUR PELAYARAN SEMPIT
- Bagian Bagian Kapal Terlengkap Beserta Gambarnya
- CARA MEMBACA KATALOG PETA LAUT
- Cara Memindahkan posisi kapal dari peta 1 ke peta berikutnya
- Cara Mendapatkan Nilai GM Ideal kapal.
- Cara Mengetahui Arah Arus Ketika Berlayar
- Cara Mengetahui Jumlah Air Ballas
- Cara Mengetahui Stabilitas kapal
- Cara Menghitung Lingkar Putar Kapal Saat Berlabuh Jangkar.
- Cara Menghitung Muatan Yang Dapat Dimuat Kapal
- Cara Menghitung Persentase Jumlah Muatan Kapal
- Cara Menghitung Perubahan Draft Akibat Pemuatan (Sinkage)
- Cara Menghitung Waktu Tempuh dan Tiba Dalam sebuah pelayarn
- Cara Menyiapkan Peta Laut UntukTujuan Pelayaran
- Contoh Passage Plan.
- Cylinder Head Composition Material | Main Engine
- Dokumen Dan Sertifikat Yang Harus Ada Di Kapal
- Dry Docking procedure of Ships
- Fungasi dan Cara Membaca Karakter Suar Sebagai Penuntun Kapal
- Fungsi Dari Sebuah Konosemen B/L - New!
- Fungsi Denah Keadaan Darurat Di Kapal
- Fungsi Liferaft Adalah - New!
- Fungsi Warna di dalam Peta Laut Pelayaran.
- Hal Yang DiLakukan Saat Pertama Kali Onboard (apapun jenis kapalnya)
- Hal Yang Harus Dipertimbangkan Ketika Kapal Tanker Muat
- Hal yang Harus Diperiksa Sebelum Bunker
- Informasi Sebelum Kedatangan Kapal tanker terminal Bongkar Muat
- Isyarat Bahaya di Kapal (Bunyi Alarem Di Kapal)
- Jenis-Jenis Keadaan Darurat Di Kapal
- KLASIFIKASI KEBAKARAN DI KAPAL - New!
- Kapal Meninggalkan dermaga Selama Operasi Kargo
- Komponen Utama Sistem Inert Gas - New!
- Koreksi Draft atau Draft Corection
- Laporan Kedatangan Kapal Ke Kepanduan.
- METODE PELEMBAMAN DAN PEMBERSIHAN
- METODE PEMBONGKARAN DALAM KONDISI DARURAT (Kapal Tanker)
- Maintenance Of Deck Equipment
- Membaring Target Yang Tidak Ada Dalam Peta Laut
- Mencega Sentakan Tekanan Saat Pemindahan Muatan Kapal Tanker
- Menghitung Perubahan Draft dari Air Laut ke air Payau (DWA) dan dari air laut ke air Tawar (FWA) dan Sebaliknya.
- Nama dan Fungsi Tali Tambat kapal.
- OHN One Hours Notice Bagian Deck
- PEMINDAHAN KARGO ANTARA KAPAL (STS)
- PENCAIRAN ULANG DAN KENDALI PEREBUSAN | TANKER LNG
- PENGAMBILAN SAMPEL CAIRAN DAN UAP
- PROSEDUR PELEPASAN GAS DI LAUT
- PROSEDUR PEMADAMAN KEBAKARAN DI KAPAL - New!
- Pedoman Pemeliharaan Kapal
- Pelepasan Cairan & uap Beracun di Laut Atau Perlabuhan
- Penanganan Muatan diatas Kapal Kontainer
- Pencucian Palka Dengan Air Setelah Kargo Amonia
- Pengertian BOSV, EOSV, Manouver Time, dan Manouver Distance.
- Pengertian Collision (Tubrukan Kapal)
- Pengertian Hak Lintas Damai
- Pengertian Istilah Cable Dunia Pelayaran
- Pengertian TRIM, EVENKEEL, MEAN DRAFT, MID DRAFT
- Penggantian Atmosfir Tanki Kapal Tanker - New!
- Penyebap Kargo Cairan Terbakar Diatas kapal
- Peralatan penanggulangan Keadaan Darurat Di Kapal
- Perbedaan Antara DWT dan cargo DWT
- Persiapan Diatas Kapal Sebelemu Bunker
- Persiapan Membuat Route Pelayaran (Passage Plan)
- Persiapan Pemuatan Kapal Tanker
- Persiapan Sebelum Kapal Memasuki Pelabuhan
- Persyaratan Sekoci (lifeboat) Dikapal - New!
- Prosedur Menggunakan Nitrogen Untuk Purging
- Proses Inert Gas Kedalam Tangki - New!
- Resiko Pelepasan cairan/uap beracun di sepanjang sisi terminal pada pengangkut gas
- TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB PERWIRA JAGA
- TUJAUN PEMISAHAN KARGO CAIR | Kapal Tanker
- Tugas & pengamatan kru kapal selama pengoperasian kargo
- Tugas Utama Mualim 2 Adalah
- Tugas dan Tanggung Jawab Mualim 3,2,1 Perwira Deck
- Tujuan Pelembaman Dan Purging
- Tujuan Pendinginan Pada Tangki | Tanker LNG
- Ventilasi tidak terkendali pada pengangkut gas
- jenis jenis peralatan navigasi kapal - New!
- Hak dan Kewajiban ABK dan Nahkoda Pelaut
- Isi Perjanjian kerja Laut Pengertian PKL
- Jenis-Jenis Perjanjian Kerja Laut (PKL)
- Kegagalan Pembakaran Pada Boiler Kapal
- ALAT-ALAT PEMADAM KEBAKARAN DI KAPAL - New!
- Cara Kerja Fresh Water Generator (FWG) di Kapal
- Cara Mengatasi Peningkata Temperatur Air pendingin Main Engine
- Cara Mengisi Oil Record Book (buku catatan minyak)
- DUTIES OF THE CHIEF ENGINEER
- DUTIES OF THE OILER
- Function Air Compressor On a Ship
- Fungsi Denah Keadaan Darurat Di Kapal
- Fungsi Liferaft Adalah - New!
- GUIDANCE FOR ENGINE DEPARTMENT HARBOUR WATCH KEEPING
- Hal Yang DiLakukan Saat Pertama Kali Onboard (apapun jenis kapalnya)
- Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Menggunakan LNG Sebagai Bahan Bakar Main Engine
- Hal yang Harus Diperiksa Sebelum Bunker
- How Are Ship Engines Cooled
- How To Measure Bearing Clearance With Swedish feelers
- How To Start Engine Ship Use Pneumatic System
- Isyarat Bahaya di Kapal (Bunyi Alarem Di Kapal)
- Jenis-Jenis Keadaan Darurat Di Kapal
- KLASIFIKASI KEBAKARAN DI KAPAL - New!
- Komponen Utama Sistem Inert Gas - New!
- Memperbaiki Kerusakan Fresh Water Generator
- Mengatasi Over Flow Purifier
- Over Flow Bahan Bakar Pada Purifier
- PROSEDUR PEMADAMAN KEBAKARAN DI KAPAL - New!
- Pedoman Pemeliharaan Bagian Mesin Kapal
- Penyebap Kargo Cairan Terbakar Diatas kapal
- Penyebap Meningkatnya Temperatur Air Pendingin Pada Main Engine
- Penyebap Menurunya Produksi Air Tawar FWG
- Peralatan penanggulangan Keadaan Darurat Di Kapal
- Perbedaan Ikatan Iklis Dengan Ikatan Rantai Pada Bahan Bakar
- Persiapan Diatas Kapal Sebelemu Bunker
- Persiapan Kapal Tanker Membawa Gas Cair
- Persyaratan Sekoci (lifeboat) Dikapal - New!
- Procedure for Bunkering Operation on Ships
- Prosedure OHN (One Hour Notice)
- Purpose of ships planned maintenance & Repair system (PMS)
- Suhu Dan Tritmen HFO Untuk Pembakaran Boiler Yg Sempurna
- Tidak Maksimanya Kevakuman Pada Evaporator FWG
- Tugas Jaga Kapal Berlabuh Jangkar
- Tugas Jaga Laut Kamar Mesin Adalah
- Type of Compressor Used in Ships
- DUTIES OF THE CHIEF ENGINEER
- DUTIES OF THE OILER
- Faktor Yang Perlu Diperhatikan Dalam Mengambil Alih Tugas Jaga
- Hal yang Harus Diperiksa Sebelum Bunker
- Melaksanakan Tugas Jaga Mesin Dikapal
- Pembagian Tugas Jaga di Kapal
- Pengertian dan Tujuan Tugas Jaga Laut
- Persiapan Pemuatan Kapal Tanker
- Serah Terima Tugas Jaga Di Kapal
- Tugas & pengamatan kru kapal selama pengoperasian kargo
- Tugas Jaga Kapal Berlabuh Jangkar
- Tugas Jaga Laut Kamar Mesin Adalah
- Tugas Jaga Saat Keadaan Darurat Dikapal
- Bagian Bagian Kapal Terlengkap Beserta Gambarnya
- Cara Menghitung Persentase Jumlah Muatan Kapal
- Hal Yang Harus Dipertimbangkan Ketika Kapal Tanker Muat
- Hal yang Harus Diperiksa Sebelum Bunker
- Informasi Sebelum Kedatangan Kapal tanker terminal Bongkar Muat
- Jenis jenis Kapal Laut dan Fungsinya di Dunia
- Jenis-Jenis Kapal Kontainer (Container Ship)
- METODE PEMBONGKARAN DALAM KONDISI DARURAT (Kapal Tanker)
- Mencega Sentakan Tekanan Saat Pemindahan Muatan Kapal Tanker
- Pedoman Pemeliharaan Bagian Mesin Kapal
- Pengertian Collision (Tubrukan Kapal)
- Persiapan Kapal Tanker Membawa Gas Cair
- Persiapan Pemuatan Kapal Tanker
- Persiapan Sebelum Kapal Memasuki Pelabuhan
- Tugas & pengamatan kru kapal selama pengoperasian kargo
- Tujuan Pelembaman Dan Purging
- Bagian Bagian Kapal Terlengkap Beserta Gambarnya
- Cara Mendapatkan Nilai GM Ideal kapal.
- Cara Mengetahui Jumlah Air Ballas
- Cara Mengetahui Stabilitas kapal
- Cara Menghitung Perubahan Draft Akibat Pemuatan (Sinkage)
- Koreksi Draft atau Draft Corection
- Menghitung Perubahan Draft dari Air Laut ke air Payau (DWA) dan dari air laut ke air Tawar (FWA) dan Sebaliknya.
- Perbedaan Antara DWT dan cargo DWT
- Crude Oil Washing (COW) Adalah
- Definisi dan Kategori Bahan Kimia Menurut MARPOL
- Isi Locker Sopep Di Kapal
- Isi Peraturan Marpol 73/78
- Kewajiban Tiap Negara Anggota Marpol 73/78
- Komite-Komite IMO (INTERNASIONAL MARITIM ORGANISASI)
- Konvensi Internasional di Bawah IMO (international maritime organization)
- Oil Spiil Prevention Drill
- Penyebap Terjadinya Tumpahan Minyak Diatas Kapal
- Peralatan Pencegahan Pencemaran Minyak diatas Kapal
- Sistem Pencegahan Pencemaran Minyak Di Kapal Tanker
- Usaha Mencegah Dan Menanggulangi Pencemaran Laut | MARPOL
- Bentuk Mata Pahat Mesin Bubut
- Cara Mengatasi Peningkata Temperatur Air pendingin Main Engine
- Cara Menjalankan Mesin Bubut Sesuai Procedure
- Jenis Jenis Mesin Bubut
- Jenis Jenis Mesin Frais Beserta Komponenya
- Mengatasi Over Flow Purifier
- Over Flow Bahan Bakar Pada Purifier
- Penyebap Meningkatnya Temperatur Air Pendingin Pada Main Engine
- Suhu Dan Tritmen HFO Untuk Pembakaran Boiler Yg Sempurna
- Tidak Maksimanya Kevakuman Pada Evaporator FWG
- Kegagalan Pembakaran Pada Boiler Kapal
- Cara Kerja Fresh Water Generator (FWG) di Kapal
- Function Air Compressor On a Ship
- Fungsi Inert Gas System di Kapal
- Komponen Inert Gas Genertor
- Maintenance Of Deck Equipment
- Memperbaiki Kerusakan Fresh Water Generator
- Over Flow Bahan Bakar Pada Purifier
- Pedoman Pemeliharaan Bagian Mesin Kapal
- Pedoman Pemeliharaan Kapal
- Penyebap Menurunya Produksi Air Tawar FWG
- Perbedaan Ikatan Iklis Dengan Ikatan Rantai Pada Bahan Bakar
- Pesawat Bantu yang menghasilkan Inert Gas
- Procedure starting, stop NITROGEN GENERATOR & maintenance
- Procedures start and stop Inert Gas Generator
- Starting and Stopping the Fresh Water Generator
- Type of Compressor Used in Ships
Artikel Yang Sangat Bermanfaat dan informatif Dimensipelaut.blogspot.com