Digunakan uantuk mengapungkan orang pada saat terjadi keadaan darurat di atas kapal
Secara teori, Liferaft diharuskan untuk membuka dan mengembang sendiri setelah dijatuhkan ke permukaan air laut. Adapun Ketinggian yang dibutuhkan agar Liferaft dapat terbuka sempurna adalah 15 meter dari permukaan air laut, atau standar ketinggian pada deck kapal. Umumnya satu Liferaft dapat dimuati 4 sampai 8 penumpang.
Hydrostatic Release Unit (HRU)
Merupakan komponen pada liferaft yang digunakan untuk mengembangkan liferaft secara otomatis saat liferaft berada 4 meter di bawah permukaan air laut. HRU ada yang bertipe sekali pakai ( perlu diganti setiap 2-4 tahun), atau tidak terbatas (perlu dilakukan pengecekan berkala).
Jenis-Jenis Liferaft
Dalam SOLAS 1974 bab III, rakit penolong dibedakan menjadi 2 jenis berikut ini penjelasannya:
Rakit Penolong Yang Dikembangkan (inflatable liferaft)
Yaitu rakit penolong yang disimpan dalam bentuk terlipat dan dikembangkan pada saat digunakan / diturunkan ke laut.
Persyaratan rakit penolong yang dikembangkan:
- Setiap rakit jenis ini dibangun sedemikian rupa sehingga waktu mengembangkan penuh dan terapung dengan penutup diatas, akan tetap stabil selama pelayaran.
- Setiap rakit jenis ini harus juga dibangun sedemikian rupa apabila dijatuhkan pada ketinggian 18 meter, rakit maupun perlengkapanya tidak rusak. Apabila rakit ditempatkan pada kapal pada ketinggian 18 meter dari permukaan laut atau lebih.
- Konstruksi rakit tersebut harus mempunyai tutup yang akan secara otomatis terpasang ditempatnya pada saat rakit mengembung.
- Rakit penolong harus dilengkapi dengan tali keselamatan yang terikat keliling pada bagian dalam.
- Rakit penolong harus dapat ditegakkan dengan baik oleh satu orang bila mengembung dalam keadaan terbaik.
- Rakit penolong harus mudah digunakan untuk di naiki.
- Rakit penolong harus tersimpang dalam kotak (koper) atau tempat lainya dan dibangun sedemikian rupa untuk dapat menahan kuatnya keadaan laut. Rakit penolong dalam kotaknya harus mempunyai daya apung cadangan.
- Total berat rakit penolong dengan kotaknya atau kopernya dengan perlengkapanya tidak akan lebih dari 180 kilogram.
Rakit Penolong Tegar / Kaku (rigid liferaft)
Yaitu rakit penolong yang berkembang dalam penyimpananya dan siap digunakan seitiap saat diperlukan.rakit penolong terbuat dari bahan goresan dan kenyal sehingga tidak mudah rusak oleh hentakan dan goncangan.
Kapasitas rakit penolong antara 8-40 orang tergantung dari luas lantai dasar dan daya apung yang dimiliki sesuai yang diatur pada SOLAS 1974 bab III (aturan 39 dan 40) dan tidak boleh kurang dari 6 orang.
Rakit penolong dapat digunakan sebagai “survival draft” yang baik terutama pada cuaca buruk dan berombak karena ia dirancang memiliki stabilitas yang lebih baik dan sekoci penolong. Konstruksinya yang lentur (flexible) dan lebih memungkinkan digunakan pada perairan yang berombak dan cuaca buruk.
Persyaratan Untuk Rakit Penolong (liferaft)
- Setiap rakit penolong harus di bangun sedemikan rupa sehingga apabila diperlukan dari tempat penyimpananya di atas kapal, rakit maupun perlengkapanya tidak akan rusak.
- Rakit penolong harus di lengkapi dengan penutup yang sesuai dengan ukuranya dengan warna yang kontras sehingga dapat melindungi penumpangnya terhadap kondisi laut.
- Daerah geladak tempat menyimpan rakit harus terlindung untuk pelayaranya
- Perlengkapanya rakit penolong harus tersimpan sedemikian rupa sehingga selalu siap digunakan bagaimana rakit penolong itu terapung. .
- Rakit penolong harus dilengkapi tali dan tali keselamatan yang terikat mengelilingi rakit. Tali keselamatan juga terikat keliling pada bagian dalam.
- Rakit penolong harus dilengkapi dengan peralatan yang memudahkan untuk menaikkanya.
- Rakit penolong harus dilengkapi dengan peralatan yang mudah diikat.
- Rakit penolong harus ditempatkan pada tempat yang setiap saat dapat terapung sendiri.manakala kapal tenggelam.
Cara Perawatan Rakit Penolong (Liferaft)
- Membersihkan kapsul tempat rakit penolong secara berkala.
- Mengadakan pengecekan tempat dudukan pada rakit penolong yang berkarat.
- Mengadakan perawatan dan memperhatikan masa berlaku dari hydrostatic release units dan peralatan yang ada didalam liferaft tersebut.
Pemeriksaan alat-alat keselamatan dikapal harus dilakukan secara periodik sesuai dengan “check list” yang telah disiapkan. Setiap peralatan keselamatan dikapal perlu dijaga dan dirawat sehingga pada saat terjadi keadaan darurat alat-alat tersebut dapat berfungsi sebagai mana mestinya.
Perawatan yang dilakukan yaitu dengan memeriksa bagian-bagian dari alat keselamatan tersebut dan menganti bagian-bagian dari alat keselamatan tersebut dan mengganti bagian-bagian yang telah habis masa berlakunya.
Perawatan terhadap rakit penolong (liferaft) meliputi inspeksi dan pengecekan, hydrostatic release yang dilakukan setiap 3 bulan sekali.
silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI