WATERTIGHT BULKHEAD sekat kedap air pada Kapal adalah

penunjukan letak dan bentuk sekat kedap air dikapal dengan tampilan penampang melintang

KEGUNAAN SEKAT KEDAP AIR

  1. Membagi kapal atas kompartemen-kompartemen, dengan sendirinya membagi tekanan ke bidang yang lebih luas.
  2. Mempertinggi keselamatan kapal dalam hal bila kapal mendapat kebocoran.
  3. Mempertinggi keselamatan kapal dengan menambah kekuatan melintang kapal.
  4. Membatasi/melokalisir bahaya-bahaya kebakaran di salah satu kompartemen.
  5. Membatasi penggenangan sesudah salah satu kompartemen mengalami kebocoran.

JUMLAH SEKAT KEDAP AIR

Jumlah sekat kedap air bergantung dari Letak kamar mesin, Jika kamar mesin di belakang minimal.3 SKA. Jika kamar mesin di depan : minimal. 4 SKA.
Panjang kapal.

Ketentuan SOLAS 

  • 1 (satu) buah sekat pelanggaran (Collision bulkhead).
  • Pada kapal barang letaknya minimal 5% dari LBP dihitung dari linggi depan 
  • sedangkan pada kapal penumpang minimal 5% LBP + max 10 kaki.
  • 1 (satu) buah sekat kedap air belakang atau sekat kedap air ceruk belakang (after peak bulkhead).
  • 1 (satu) buah sekat kedap air pada setiap ujung kamar mesin.

KONSTRUKSI SEKAT KEDAP AIR

Sekat kedap air dipasang pada gading dan berdiri diatas wrang-wrang penuh atau lebih baik wrang tertutup pada DB tempat tersebut. 
Sekat kedap air dibangun mulai dari DB sampai kebalok geladak deck terus sampai ke yang paling atas atau maindeck, kecuali sekat pelanggaran dan sekat kedap air belakang. 
Sekat kedap air belakang hanya sampai pada geladak pertama sesudah garis air. Pada sekat kedap air perlu penempatan baja siku penguat yang dipasang dimuka atau belakangsekat. Tebal plat tergantung dari tinggi sekat dan jarak antara baja-baja siku penguat, minimum 5.5 mm Pada Ore carrier min 1.0 mm.

Pada sekat pelanggaran (Collision Bulkhead) baja siku penguatnya 25% lebih besar/tebal dari baja siku penguat pada siku penguat pada sekat kedap air biasa. 

Pada sekat pelanggaran dan sekat kedap air belakang jarak siku baja penguat 610mm (24''), sedangkan pada sekat kedap air lainnya 760mm. 
  • Sekat kedap air dipasang pada gading-gading dan berdiri di atas wrang-wrang penuh pada dasar berganda.
  • Dibangun mulai dari dasar berganda sampai ke balok geladak dari “dek jalan terus” yang paling atas. 
  • Semua sekat kedap air diberi stiffeners yang dipasang di muka atau di belakang sekat tersebut.
  • Tebal pelat tergantung dari tinggi sekat dan jarak antara baja siku penguat.

Sekat-sekat pada Kapal

berikut beberapa macam sekat pada kapal. Sekat pada kapal harus menggunakan sekat watertight atau dengan kata lain sekat kedap air. Hal ini bertujuan agar kapal mempunyai kemampuan yang lebih baik saat kapal tersebut mengalami kebocoran. Beberapa macam Sekat pada Kapal adalah sebagai berikut:
  1. Collision Bulkhead Sekat ini memiliki kekuatan yang lebih dari sekat-sekat  lainnya. Sekat ini digunakan sebagai pembatas apabila suatu waktu kapal mengalami kecelakaan. Peletakkan sekat ini memilki aturan, dimana jarak minimum sekat ini adalah 0.05 L Konstruksi kapal dari Garis FP dan maksimal adalah 0.08 L Konstruksi.
  2. Machenery Space Bulkhead Sesuai dengan namanya, sekat ini diletakkan di depan Kamar Mesin Kapal. Peletakkannya pun memiliki aturan. Sekat ini harus diletakkan dengan ketentuan, jarak minimal sekat terhadap garis AP adalah 17%L konstruksi dan maksimal adalah 20% L konstruksi.
  3. Sekat Ruang Muat (Cargo Hold Bulkhead) Sekat ini diletakkan di daerah Ruang Muat Kapal. Sekat ini wajib bersifat watertight atau kedap air. Peletakkan sekat pada ruang muat diatur oleh masing class yang digunakan.
  4. After Peak Bulkhead Sekat Depan Kamar Mesin (Machenery Space Bulkhead) 
  5. Sekat Ceruk Buritan (After Peak Tank Bulkhead)  Sekat ini digunakan untuk pembatas antara Tangki Ceruk Buritan (After Peak Bulkhead) dengan Ruang Mesin (Machenery Space). Tinggi sekat ini dipanjangkan sampai geladak menerus.

SEKAT KEDAP AIR TERDEPAN = SEKAT PELANGGARAN

Sekat pelanggaran merupakan pelindung terdepan terhadap ombak dan gelombang. juga Berfungsi sebagai penahan air masuk ke dalam kompartemen-kompartemen di belakangnya bila kapal mengalami kebocoran.

jarak antara sekat kedap air dengan linggi depan sebuah kapal penumpang

jarak antara linggi depan dengan sekat kedap air pada sebuah kapal barang
Letak sekat pelanggaran diatur tempatnya yaitu pada kapal barang minimal 5% LBP dan pada kapal penumpang minimal 5% LBP + maksimum 10 kaki.
Syarat – syarat sekat pelanggaran :
  1. Letaknya tertentu
  2. Menggunakan pelat yang 25% lebih tebal dari pelat sekat kedap air biasa.
  3. Pelat bagian bawah dipertebal 0,1” / 2,5 mm.
  4. Potongan stiffeners dipasang di muka sekat secara vertikal, tetapi bagian bawah dipasang horizontal.
  5. Jarak antar stiffeners lebih kecil yaitu 24” / 610 mm.

SEKAT KEDAP AIR BERLEKUK (CORRUGATED WATERTIGHT BULKHEAD)

Sekat kedap air berlekuk adalah sekat kedapa air yang tidak diberi stiffeners. Dengan tidak adanya penguat, maka :
  • Sekat kedap air menjadi lebih kaku.
  • Dapat menggunakan pelat yang lebih tipis.
  • Menambah luas ruang palka.
  • Sekat kedapa air berlekuk tidak dipakai untuk sekat pelanggaran dan sekat kedap air ceruk belakang.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar
October 21, 2020 at 10:27 PM delete

bagus sekali materinya pak.
saya izin copy ya pak.

Reply
avatar

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI