Komponen Kontainer atau bagian-bagian Petikemas

bagian bagian kontainer

Sejarah Kontainer (peti kemas)

Kontainer atau peti kemas adalah sebuah media penyimpanan yang digunakan dalam proses pemindahan barang. Peti kemas juga bisa disebut sebagai gudang yang berbahan baja.
Konsep tentang petikemas bukanlah hal yang baru ketika muncul inisiatip dari Malcom P.Mclean dari perusahaan Sea-Land Amerika pada tahun 1956 untuk memulai revolusi pelayaran muatan peti kemas dengan kapal tanker T-2 yang sudah dikonversi.

 Ide ini adalah untuk menyempurnakan cara pengangkutan yang sama untuk muatan pallet yang dibawa oleh forklift dimana sebelumnya sejak tahun 1935 telah ada ide untuk pembentukan sistem transportasi terintegrasi yang memungkinkan pergerakan muatan oleh kedua-duanya antara truk dan kapal.

Kemudian pada tanggal 14 Desember 1956, komisi ekonomi PBB (untuk Eropa) mendefinisikan Container (peti kemas) sebagai alat pengangkutan dengan karakteristik yang akan ditentukan oleh ISO (International Standard Organization) yang akhirnya diterbitkan oleh ISO pada Pebruari 1960

Bagian-Bagian Petikemas (container)

komponen atau bagian bagian petikemas kontainer

1.Dinding (Wall)

Dapat dibuat dari aluminium, plywood, fiber-glass dan plastik yang diperkuat dengan kaca (glass–reinforced plastic–GRP), yang dindingnya terbuat dari plywood masih kita dapat jumpai, tetapi dalam jumlah kecil. Dinding yang dibuat dari plywood mudah dikerjakan, kuat dan tahan terhadap segala cuaca. 

Sedangkan dinding yang dibuat dari Glass–Reinforced Plastic juga menguntungkan, ringan, mudah diperbaiki jika rusak dan juga tahan laina. Kebanyakan dinding container dibuat dari aluminium dan kadang–kadang tulang–tulang dinding tersebut dibuat dari baja anti karat agar dinding dan tulang tersebut tahan terhadap aus dan karat sehingga container dapat bertahan lama sampai lebih dari 10 tahun.  

Ada 2 macam dinding, yaitu dinding samping (side wall) dan dinding ujung (end wall). Container yang diberi alat pendingin (refrigerated container), berdinding ganda (double wall) dengan insulasi di antara kedua dinding tersebut untuk  mernelihara ternperatur muatan.

2.Tiang sudut (corner post)

Tiang –tiang sudut pada container merupakan penguat container yang paling utama, berfungsi sebagai penopang utama terhadap container–container yang diturnpuk di atasnya, apabila dimasukkan/disusun dalam cell–cell kapal.

3.Lubang-lubang sudut (corner casting)

Lubang – lubang sudut dibuat pada setiap sudut, bagian bawah dan atas,  berfungsi untuk mengangkat container. Lubang bagian atas dari corner casting untuk memasukkan kunci kran darat atau straddle – carrier. 

Sedangkan lubang-lubang kecil pada sisi container untuk memudahkan kaitan derek (sling) atau sling kran – tradisional. Lubang-lubang kecil tersebut juga berfungsi untuk mengikat container di atas dek kapal, ataupun pada, lori dan gerbong kereta api.

4.Pintu container (door)

 Fungsi pintunya untuk memudahkan barang keluar masuk, kedap air (water tight) karena pada sekeliling pintu diberi lapisan karet dan diikat dengan baut erat – erat. Pintu ini dilengkapi dengan grendel, dan tempat segel. Ada 2 macam pintu, yaitu pintu samping (side door) dan pintu yang dipasang di ujung (end door).

5.Jeruji – atap (roof – rail)

Yaitu bangunan dari jeruji – jeruji mendatar yang terletak pada ujung atas kedua sisi dari container.

6.Atap (roof)

Yaitu susunan yang membentuk penutup container bagian atas, dan dibatasi oleh end frame dan roof rail. Jeruji samping bawah (bottom side rail) Yaitu bangunan jeruji–jeruji yang terletak pada sisi – sisi dasar mendatar.

7.Dasar (base) 

Bangunan yang komponen utamanya adalah kedua jeruji mendatar bagian bawah, kedua jeruji ujung bawah, lantai dan jeruji – jeruji melintang.

8.Cross members

Yaitu komponen – komponen melintang yang dipasang pada jeruji pinggir bawah dan ber:fungsi menopang lantai.

9.Kerangka Samping (side frame)

Adalah masing–masing bangunan yang sejajar dengan sumbu container membujur dan terdiri dari corner–structures dan bottom side rails dan roof rails.

10.Kerangka ujung (end frame)

Adalah masing–masing bangunan container tegak lurus pada sumbu dan terdiri dari corner–structures dan jeruji–jeruji ujung dan roof.

bagian bagia kontainer atau petikemas

komponen komponen petikemas kontainer
penampang kontainer

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI