Fungsi purifier pada kapal serta kompone purifier

komponen dan fungsi purifier di kapal

Purifier

Purifier atau separator adalah sebuah pesawat bantu diatas kapal yg berfungsi untuk memisahkan bahan bakar dari kotoran cair seperti air  maupun kotoran padat (lumpur)
baca: Jenis-jenis permesinan bantu atau pesawat bantu pada kapal

Fungsi Purifier diatas Kapal

Fungsin Purifiar atau separator dikapal adalah sebagai pembersih Minyak Fo dan Lo atau sebagai  Pemisah Minyak dari kotoran benda padat dan kotoran cair, yang berat seperti endapan/Sediment yang mengandung lumpur dan Air, agar Bahan Bakar yang akan digunakan baik tidak menggangu proses kerja Engine.
baca: jenis-jenis bahan bakar yg digunakan kapal
Minyak dari Storage/Deep Tank di bersihkan oleh Purifier dengan system Centrifuse putaran tinggi yang akan memisahkan bagian-bagian dari cairan tersebut. Minyak yang telah bersih di masukkan ke Service Tank untuk di pergunakan oleh Main Engine (M/E), Sedangkan Limbah Minyak yang kotor atau Sludge masuk ke Sludge Tank

 Metode Pembersih purifier kapal

  • Metode gaya gravitasi adalah cara pemisahan bahan bakar dengang kotoran, dengan memanfaatkan berat jenis, yaitu bahan bakar dari tangki dasar berganda ditranfer menggunakan pompa menuju tangki penyimpanan atau settling tank, untuk mengendapkan air dan lumpur yang dikandung oleh bahan bakar.
  • Metode Pembersih Sentrifugal Mesin pemisah kotoran yang lazim disebut Separator/purifier yaitu pemisah kotoran dengan gaya sentrifugal putaran tinggi yang memisahkan kotoran berdasarkan berat jenisnya (BJ). Jika pengendapan dengan gaya sentrifugal bekerja sesuai dengan rpm 1500-1900 per menit, maka pemisahan dan pembersihannya jauh lebih besar daripada pengendapan metode gravitasi bumi.

Keuntungan Menggunakan Purifier

Dibandingkan dengan memanfaatkan metode gaya gravitasi yang membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pembersihanya, maka berikut ini adalah keuntungan yang diperoleh ketika menggunakan purufier sebaagai media pembersih:
  1. Lumpur-lumpur dapat dipisahkan dengan mudah dan dibuang dengan cara diblow up.
  2. Gerakan pembuangan lumpur dilakukan dalam suatu waktu yang singkat dengan pembersih yang tinggi.
  3. Proses pembersihan jauh lebih efisien dan ekonomis disbanding dengan metode gravitasi.

Prinsip Pemisahan Pada Purifier

prinsip purifier sangat identik dengan gaya sentrifugal (puran tinggi). sehingga dalam proses pemisahannya sangat cepat. Percepatan gaya sentrifugal besarnya antara 6000-7000 kali lebih besar dari pengendapan gravitasi statis. dimna proses pemisahannya memanfaatkan berat jenis dan putaran yang sangat tinggi yg mengakibatka kotoran dan bahan bakar terpisah berdasarkan berat jenisnya (BJ).

Cara kerja Purifier

cara kerja purifier/separator secara umum adalah dengan memanfaatkan perbedaan berat jenis (BJ) zat cair tersebut.

bahan bakar dari tangki dasar berganda (doble bottom) kemudian ditransfer (dipompa) ke tangki penyimpanan bahan bakar (setlink tank) untuk mengendapkan air dan lumpur yang dikandung oleh bahan bakar, dalam waktu tertentu.
Baca: Penyebap Over Flow Purifier
setelah diendapkan bahan bakar kemudian ditransfer (dipompa) ke Mesin pemisah kotoran yang lazim disebut Separator/purifier pada tahap ini pemisah bahan bakar dan kotoran dilakuan dengan putaran tinggi (gaya sentrifugal) dan memanfaatkan berat jenis (BJ),

jadi bahan bakar, air dan kotoran padat yang memiliki berat jenis berbeda akan terpisah akibat putaran tinggi tersebut. bahan bakara yang sudah bersih akan diteruskan ke tangki harian/ service tank untuk diginakan oleh main engine (M/E) dan permesinan lainya. Sedangkan kotoran atau sludge akan di tampung di sludge tank.

Jika pengendapan dengan gaya sentrifugal bekerja sesuai dengan rpm 1500-1900 per menit, maka pemisahan dan pembersihannya jauh lebih besar daripada pengendapan gravitasi bumi.

jenis-jenis purifier dikapal

F.O Purifier

F.O purifier atau fuel oil purifier adalah sebuah pesawat bantu diatas kapal yang berfungsi sebagai pemisah antara bahan bakar dengan air, kotoran, benda padat.

L.O Purifier

L.O purifier atau lube oil purifier adalah sebuah peawat bantu diatas kapal yg fungsinya sama dengan L.O Purifier, yg membedakannya adalah media yg dipisakan bukan bahan bakar melainkan  oli sump tank

Komponen dalam Purifier

  1. Disc adalah komponen dalam purifier yang berfungsi untuk menahan aliran minyak yang akan dibersihkan secara perlahan-lahan hingga akhirnya minyak keluar menuju ke tangki harian
  2. Bowl Nut Berfungsi untuk mengunci atau menahan bowl hood agar tidak terlepas dari dudukannya.
  3. Bowl Hood Berfungsi sebagai tempat diletakkannya disc-disc yang merupakan tempat terjadinya proses pembersihan minyak.
  4. Main Seal Ring  berfungsi sebagai pelapis atau penyekat antara main cylinder dan bowl hood agar minyak tidak terbuang ke sludge tank  pada saat purifier sedang beroperasi.
  5. Distributor Berfungsi sebagai tempat saluran masuk bahan bakar kotor yang akan dibersihkan dan berfungsi membagi minyak ke tiap-tiap bagian bowl bisc melalui lubang distributor
  6. Main Cylinder berfungsi sebagai komponen dalam purifier yang berfungsi sebagai tempat saluran masuk bahan bakar kotor yang akan dibersihkan.
  7. Pilot Valve berfungsi untuk membuka katup saluran air pembuangan menuju sludge tank.
  8. Gravity Disc adalah sebuah cincin yang dipasang dalam purifier untuk menghindari agar minyak dan air tidak bersatu kembali pada saat minyak dan air keluar.
  9. Bowl Disc Piringan-piringan yang berfungsi sebagai pemisah minyak,air dan kotoran menurut struktur dan susunan dari mangkok tersebut.
  10. Drain Nozzle pada Bowl Body Berfungsi untuk mengeluarkan air pengisian untuk mengangkat main cylinder (low pressure) pada saat air pengisian (high pressure) masuk dan membuka pilot valve.
  11. Sliding Bowl Bottom Berfungsi untuk membuka kemudian membuang kotoran-kotoran yang ada di dalam bowl lewat sludge port.
  12. Sludge Space Adalah ruang tempat dimana kotoran-kotoran terkumpul.
  13. Operation Slide Berfungsi sebagai tempat dudukan springs dan drain valve plug yang terletak di dalam bowl body.
  14. Sludge Port Berfungsi untuk membuang kotoran-kotoran melalui lubang pembuangan ke sludge tank.
  15. Drain Valve Tank Berfungsi untuk membuka dan menutup drain chanel.
  16. Drain Chanel  Berfungsi sebagai saluran pembuangan pada closing water.
  17. Oil Paring Chamber Berfungsi untuk memompa bahan bakar yang naik melalui level ring dan keluar ke pipa outlet.
  18. Water Paring Chamber Berfungsi untuk memompa air yang naik melalui sisi di samping top disc keluar sludge tank. 
  19. Spiral Gear Berfungsi untuk menghubungkan dengan putaran antara horizontal shaft dan vertical shaft.
  20. Shaft disini ada dua buah yaitu shaft horizontal dan shaft vertikal sebagai penghubung antara putaran dari motor bowl.
  21. Bowl Body Berfungsi sebagai tempat dudukan bowl hood purifier.
Baca: Tritmen Bahan Bakar Kapal

Cara menjaiankan Purifier

Pengoprasian purifier kapal baik F.O maupun L.O pada dasarnya sama. Adapun petunjuk-petunjuk dalam menjaiankan purifier adalah sebagai berikut:
  1. Menghidupkan sumber tenaga dan papan penghubung utama yang ada dalam Control Room
  2. Buka kran atau katup air tawar dari tangki air tawar ke purifier
  3. Buka kran bahan bakar masuk dan keluar purifier.
  4. Buka kran untuk heater atau pemanas dalam hal ini pemanas uap, untuk mendapatkan pemanasan yang rata inaka uap yang masuk harus distel dengan penunjukan angka antara 65° C-70° C. 
  5. Setelah semua kran dalam keadaan terbuka, maka langkah selaryutnya adalah periksa lubricating oil pada rumah worm gear yang dapat dilihat pada gelas duga, bila kurang segera ditambah.
  6. Periksa rem (brake) harus dalam keadaan bebas.
  7. Jalankan heater atau pemanas dengan menekan tombol on pada Control Box .
  8. Jalankan pompa bahan bakar purifier.
  9. Purifier siap untuk diopersaikan, dengan menekan tombol start maka motor dari purifier mulai berputar, dalam waktu lebih kurang 5 menit putaran dari purifier akan mencapai maksimal yang dapat dilihat pada penunjukan jarum ampere meter. Pada saat pertama start karena beban untuk berputar agak berat maka penunjukan jarum ampere meter mencapai 10 ampere, tetapi bila putaran sudah normal maka penunjukan jarum ampere meter akan bergerak turun hingga mencapai sekitar 6 ampere.
  10. Setelah putaran normal dan maksimum maka dapat dilakukan sludging atau blow up secara manual dengan menggunakan air tawar 2-3 kali dengan tujuan membuang sisa-sisa kotoran yang menempel pada bowl disc.
  11. Bila system air tawar sudah bekerja dengan baik maka purifier sudah siap untuk melaksanakan pemisahan bahan bakar dengan air dan kotoran, dengan menekan tombol on pada panel program kontrol purifier maka purifier akan bekerja secara otomatls untuk melakukan pemisahan bahan bakar.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI