Jenis-jenis Permesinan bantu diatas kapal dan fungsi pesawat bantu kapal

jenis jenis permesinan atau pesawat bantu yang memiliki fungsi pesawat bantu dikapal

Pengertian pesawat bantu

Pesawat Bantu adalah Sebuah permesinan yang ada diatas kapal baik yang berada deck maupun di dalam kamar mesin, fungsinya adalah untuk memperlancar  pengoperasioan mesin induk dan pengoperasian kapal secara berkesinambungan, agar kinerja kapal dan mesin penggerak utama atau main engine (M/E)  tetap optimal selama proser pelayaran berlangsung.

Jenis-jenis permesinan bantu pada kapal

Pesawat-pesawat atau jenis-jenis permesinan bantu diatas kapal yg sangatlah beragam, guna mengoptimalkan kinerja kapal selama proses pelayaran. Berikut adalah jenis-jenis permesinan bantu diatas kapal beserta fungsinya dibagi menjadi dua bagian menurut tataletaknya diatas kapal yaitu:

Pesawat bantu yang terletak di kamar mesin

jenis-jenis permesinan bantu yang berada di dalam kamar mesin adalah: Pompa – pompa, Generator diesel (aux engine), Oily water separator, Fo/Lo purifier, Fresh water generator, Refrigerating plant (mesin pendingin), Seawage Treatment, Air compressor, Aux boiler

Pesawat bantu yang terletak di deck area ( pesawat geladak )

jenis-jenis permesinan bantu yang berada dideck area adalah: Bow Thruster, Wines Lass, Cargo Wines, Morning Wines

Pesawat bantu yang terletak di kamar mesin

  • AUX Engine adalah Suatu pesawata atau permesinan bantu diatas kapal yg berfungsi sebagai pembangkit listrik (generator)
  • AUX Boiler disebut juga dengan ketel uap atau pesawat (permesinan) bantu diatas kapal yg berfungsi untuk menghasilkan uap bertekanan tinggi. 
baca: selengkapnya tentang fungsi boiler pada kapal
  • Pompa - pompa ( Pump )  Pompa adalah Pesawat atau permesinan bantu diatas kapal yang berfungsi memindahkan zat cair atau gas dari satu tempat ketempat yang lain menurut tekanannya. adapun pompa pompa diatas akapal antaralain: pompa bahan bakar, pompa minyak lumas, pompa air tawar, pompa air laut, pompa ballas dan masih banyak lagi.
baca: Jenis-jenis pompa diatas kapal
  • Kompresor adalah suatu pesawat atau permesinan bantu diatas kapal yang berfungsi menghasilkan angin/udara, dan angin tersebut digunakan untuk menstarter awal mesin penggerak utama (M/E) dan (A/E)
  • OWS ( Oil Water Seperator ) adalah sebuah pesawat atau permesinan bantu diatas kapal   yang bertugas memisahkan antara air dengan minyak.
  • Purifire adalah alat pembersih bahan bakar minyak pelumas dari kandungan air atau kandungan - kandungan lain separti lumpur.
baca: fungsi purifire di kamar mesin kapal
  • Cooler adalah sebuah pesawat atau permesinanan bantu diatas kapal yang berfungsi sebagai pendingin air tawar mesin penggerak utama (M/E)
  • Heater adalah sebuah pesawat atau permesinanan bantu diatas kapal yang berfungsi sebagai pemanas air tawar mesin penggerak utama (M/E), jika suhunya terlalu rendah.
  • Seawage adalah sebuah pesawat atau permesinanan bantu diatas kapal yang berfungsi sebagai pengolah limbah tinja atau kotoran manusia.
  • Waste Oil Incenerator adalah sebuah pesawat atau permesinanan bantu diatas kapal yang berfungsi untuk membakar sisa-sia minyak, kotor yang ada diatas kapal.
  • Stering gear  adalah sebuah pesawat atau permesinanan bantu diatas kapal yang berfungsi sebagai penggerak daun  Kemudi.
  • Fresh water generator, merupakan salah satu pesawat bantu yang memiliki peran yang sangat penting di atas kapal, Hal ini disebabkan karena dengan menggunanaka FWG (Fresh water generator) kita dapat menghasilkan  air tawar yang dapat digunakan untuk minum, memasak, mencuci dan bahkan menjalankan mesin penting lainnya yang menggunakan air tawar sebagai media pendingin di atas kapal.
Baca: selengkapnya tentang FWG

 Pesawat bantu yang terletak di deck area ( pesawat geladak )

  1. Wines Lass adalah sebuah pesawat atau permesinanan bantu diatas kapal yang berfungsi untuk menaikan dan menurunkan jangkar.
  2. Morning Wines adalah sebuah pesawat yang berguna untuk menarik tali dan mesin, mesin ini berada diburitan kapal.
  3. Cargo Wines adalah sebuah pesawat yang berguna untuk membongkar muatan yang ada kapal.
  4. Bow Thruster adalah sebuah pesawat untuk memudahkan kapal untuk bersanolar dan dia juga sering disebut dengan baling - baling samping kapal. mesin ini berada di bagian haluan kapal.

Permesinan yang tidak termasuk pesawat bantu

Adapun permesinan diatas kapal yang tdak termasuk dalam kategori jenis-jenis permesinan bantu atau pesawat bantu di atas kapal adalah sebagai berikut:
  1. Mesin las adalah sebuah mesin diatas kapal yang digunakan untuk menyambung plat besi atau baja, mesin las juag biasanya digunakan untuk menambal pipa kapal yang bocor.
  2. Mesin bor adalah sebuah mesin diatas kapal yang biasanya digunakan untuk melubangin plat besi/baja, mesin bor ada dua jenis yaitu meisin bor portabel bor tangan dan mesin bor duduk.
  3. Needle Scaler Pistol adalah alat yang digunakan untuk menghilangkan karat, skala pabrik , dan cat lama dari permukaan  kapal. Alat ini digunakan dalam aplikasi logam yang beragam seperti dinding kapan, penutup palka, dan masih banyak lagi.
  4. Mesin Bubut adalah salah satu jenis mesin perkakas yang digunakan untuk proses pemotongan, pengikisan benda kerja yang dilakukan dengan membuat sayatan pada benda kerja dimana pahat digerakkan secara translasi dan sejajar dengan sumbu dari benda kerja yang berputar. Mesin bubut merupakan mesin perkakas yang memiliki populasi terbesar di kapal dibandingkan mesin perkakas laiya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI