Jenis-Jenis Kapal Kontainer (Container Ship)


MENGENAL kAPAL CONTAINER SHIP

Kapal Container Ship atau sering di sebut dengan kapal barang atau kapal peti kemas yang di buat khusus untuk mengangkut atau mendistribusikan muatan atau barang di dalam Peti Kemas tersebut.

Dalam perkembangannya Kapal container ini mampu membawa beberapa komoditas barang sehingga kelebihan dalam hal mengangkut barang menjadikan kapal container atau peti kemas masih di minati oleh para pengusaha pengiriman barang.


SEJARAH CONTAINER SHIP PERTAMA DI iNDOENSIA.

Aktivitas kapal container atau peti kemas dі Indonesia ѕudаh ada sejak tahun 1970-an. Kapal khusus peti kemas yang termodern pertama berbendera Indonesia yaitu KM Gloria Express уаng memiliki panjang 120m dan lebar 17,8m, kapal ini milik Perusahaan Pelayaran Samudra PT Gesuri Lloyd, berbobot mati 7.670 DWT.

Kapal container/Peti kemas іnі buatan perusahaan galangan kapal Ship Building & Engineering Ltd уаng desainnya berasal dаrі Jerman, Desain tersebut masih menggunakan desain kapal kapal cargo eropa dan amerika

KM. Gloria express dеngаn pelayaran perdananya 12 Mei 1980 dаrі Tanjung Priok-Hongkong-Busan(Korea)-Tokyo-Kobe-Osaka(Jepang)-Keelung(Taiwan) dan kembali kе Indonesia. Nakhoda pertamanya аdаlаh Kapten Moniaga.


jenis-jenis kapal container

1. Full Container Ship atau juga Cellular Ship

jenis jenis kapal kontainer khusus mengankut kontainer secara keseluruhan

Mempunyai ciri - ciri dan kelengkapan khusus, dan semata-mata hanya dipergunakan untuk mengangkut peti kemas dalam seluruh palka. 

Umumnya kapal-kapal demikian berupa Single Purpose Ship karena dianggap sebagai kapal yang paling ekonomis pada dewasa ini, menyangkut waktu bongkar muatnya yang cepat. sebab hanya mengangkut peti kemas, baik di palka maupun digeladak utamanya dengan cara menumpuk secara vertikal keatas.

Pemuatan dilaksanakan dengan menurunkan peti kemas ke dalam tempat yang tersedia ( berbentuk sel - sel ) dalam palkah, ataupun menumpuk dalam susunan vertikal keatas pada geladak utamanya tanpa menggeser-geser lagi kearah horisontal. Proses pembongkarannya dilaksanakan sebaliknya.

2. Partial atau Semi Container Ships :    

jenis jenis kapal kontainer yang memuat petikemas hanya sebagian di ruang palka kapal

Pada jenis ini hanya sebagian ruangnya saja yang dibangun khusus untuk peti kemas; sedang sisanya diperuntukkan untuk konvensional vessel. Misalnya :  Sebagai contoh kapal-kapal dari perusahaan Atlantic Container Line. Kapal - kapalnya direncanakan akan mengangkut peti kemas sebanyak 300 buah, disamping itu juga akan memuat muatan general cargo ( konvensional ) plus mobil sebanyak 1.400 buah. Dalam hal ini, Containernya diangkut secara Lo / Lo, sedang muatan mobilnya diangkut secara Do / Do ( = Driven On/ Driven  Off ).

3. Convertible Container Ship’s

jenis jenis kapal kontainer

Kapal jenis ini sebagian atau seluruhnya ruang muatnya dapat digunakan baik untuk peti kemas maupun cargo biasa. Ia mempunyai bentuk yang khusus yang memungkinkan perubahan fungsinya. Untuk perubahan fungsinya, terutama atas dasar Voyage to Voyage.

4. Kapal dengan kemampuan kapasitas angkut  peti kemas dalam jumlah terbatas


jenis jenis kapal kontainer
Kapal tersebut dilengkapi dengan peralatan yang diperlukan bagi kapal kontainer seperti Container Handling dan pula Securing Device. Namun demikian kapal tersebut umumnya bangunan kapalnya seperti kapal biasa.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI