Pengertian TRIM, EVENKEEL, MEAN DRAFT, MID DRAFT

Pengertian TRIM kapal, Trim by head, Trim by astern, eveen keep, Mean draft, mid draft, dan rumus untuk menghitung Trim kapal.
Banyak diantara kita para pelaut Pernah Dengar Kata TRIM, EVENKEEL, MEAN DRAFT, MID DRAFT bahkan sering mengucapkannya saat berada di atas kapal akan tetapi ada beberapa diantara kita yg belum tau mengenai pengertianya berikut ini adalah pengertiannya.

TRIM Kapal

TRIM kapal adalah Selisih jumlah antara draft belakang dan draft Depan TRIM ini sangat penting untuk diketahui Karan sangat berpengaruh terhadap stabilitas kapal saat dalam pelayaran TRIM bisa diatur dengan cara menambah atau mengurangi ballas.

Trim By Head

Trim By Head atau trim depan artinya adalah berat muatan terfokus di bagian depan kapal atau dengan arti lain Draft depan lebih dalam dari pada draft belakang (Kapal Nungging)

Trim By Astern

Trim By Astern atau disebut juga Trim Bekakang/Buritan adalah berat muatan terfokus di bagian belakang kapal atau draft belakang lebih dalam dari draft depan (Dongak).

Eveen Keel

Eveen Keel atau Trim nol (0) Yaitu Draft Depan, Draft Tengah Dan Draft Belakang memilki Nilai yang sama.

MEAN DRAFT

MEAN DRAFT disebut juga Draft Rata-rata yaitu jumlah Draft Depan ditambah Draft Belakang dibagi kemudian dua (2).

MID DRAFT

MID DRAFT = Draft Tengah yang terlihat secara langsung pada saat kapal sandar atau berlabuh atau draf tengah yang real.

Rumus Untuk Mencari Draft 

Rumus Untuk Mencari Draft Belakang dan Draft Depan jika salah satu badan kapal menggantung atau jauh dari dermaga, dan kalian kesulitan utk meliihat draft pada bagian badan kapal tersebut, kalian dapat menghitung dengan rumus berikut :

  • Draft Depan = Draft Tengah x 2 - Draft Belakang
  • Draft Belakang = Draft Tengah x 2 - Draft Depan
Baca: Cara Menghitung Trim Kapal
Hal" Di atas terlihat simple namun belum dipahami oleh kebanyakan kawan" Pelaut terutama Calon" perwira dan perwira baru di atas kapal.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI