Fungsi Warna di dalam Peta Laut Pelayaran.

Fungsi warna pada peta yang digunakan  untuk membaring .
Untuk Pelaut yang memiliki Jabatan Sebagai AB atau Bahkan sudah menjabat sebagai perwira di atas kapal, Tentu sudah sering sekali melihat Peta Laut dan di dalam peta laut tersebut ada beberapa warna Sperti KUNING, PUTIH, BIRU, HIJAU.

Fungsi Warna Peta Laut

Taukah kalian apakah arti dari warna tersebut? Bagi kalian yang belum tau mohon di baca sampai habis biar kalian faham berikut akan saya jelaskan fungsi warna tersebut:

  1. Warna Kuning menandakan Wilayah Daratan. Di dalam peta laut jika teman-teman lihat warna kuning menunjukan sebuah daratan.
  2. Warna Putih adalah warna yang menandakan area perairan yang dalam biasa disebut laut
  3. Warna Biru merupakan wana yang menandakan Area Perairan Yang memiliki Kedalaman kurang dari area yang berwarna putih biasa dusebut laut lepas pantai
  4. Warna Hijau adalah Area Kedalam yang memiliki kedalaman air kurang dari warna biru (laut yang Sangat Dangkal) dan berhubungan langsung dengan daratan. (Disebut pantai).
Jadi kesimpulannya adalah:
Warna Kuning = Daratan
Warna Putih = Area Perairan Yang Dalam
Warna Biru = Area Dangkal, Kedalamannya Kurang dari area yg berwarna putih
Warna Hijau = Area perairan sangat dangkal dan berhubungan langsung dengan daratan.

Silahkan kalian perhatikan sampel pada gambar diatas yang diberi lingkaran warna merah ada urutan warna dari paling kanan warna Putih, biru Buram, Biru, Hijau Dan Kuning, diantara warna tersebut adalah batas garis air. 
Note :
Didalam Membuat Garis Haluan Sejati Usahakan agar Garis tersebut tidak melewati atau melintasi warna hijau karena warna hijau msmiliki ukuran kedalaman yang sangat dangkal dan dekat dengan daratan. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI