Contoh Passage Plan.

Contoh dan cara membaca passage pla
Contoh Passage Plan Pada Gambar diatas  ini merupakan bentuk yang sangat sederhana. Maaf saya sampaikan ini sangat sederhana karena ada Passage Plan Yang lebih lengkap lagi Di dalamnya harus termuat juga UKC, AIR DRAFT, Dan beberapa item lain.
Silahkan kawan" fokus pada gambar dibawah ini..Untuk
  1. Kolom 1, Sdh jelas Nama Waypointnya, Kolom ke 2 dan ke 3 adalah titik koordinat Lintang dan bujur dari waypoin tersebut.
  2. Course atau haluan sejati kapal dari waypoin pertama ke waypoin ke dua, dari waypoin no 2 ke waypoin ke 3 dan seterusny hingga waypoin terakhir
  3. .RNG = Range = Jarak Antar Waypoint, yaitu dari waypoin 1 ke waypoin ke 2, dari 2 ke 3 dan seterusnya hingga waypoin terkahir
  4. DTG = Distance To Go = Sisa Jarak Tempuh setelah melewati waypoin demi waypoin hingga ketemu waypoin terakhir dan jaraknya akan berakhir Nol artinya kapal telah tiba di tujuan sesuai waypoin terkahir.
Untuk Jarak yang kawan" lihat 2875.5 NM adalah Jarak keseluruhan dari Waypoin pertama hingga waypoin terakhir.

Untuk Jarak (DTG) 2874.4 di dapat dari total jarak 2875.5 - 1.1 yaitu jarak antara waypoin pertama dan waypoin ke 2. (WPT KIHARA ke WPT Toyama). Sisa jarak DTG 2874.4 dikurangi lagi dengan jarak dari waypoin nomor 2 (TOYAMA ke waypoin ke 3 (Hiyakan sima) akan dapatkan DTG berikutnya.

Proses penguragan dihitung terus setelah melewati semua waypoin hingga kapal tiba di waypoin terakhir dan hasil akhir DTG adalah 0, Artinya adalah kapal sudah melewati sejauh 2875.5 NM.

Untuk RNG atau Range bila dijumlahkan dari waypoin awal hingga waypoin akhir akan dapatkan total jarak 2875.5 NM.

DTG = distance to go atau sisa jarak tempuh sangat penting utk kita ketahui guna mengupdat laporan kedatangan kapal (E. T. A)

Format Passage Plan Dapat Kalian buat gunakan Komputer di Program Microsoft Office Excel dengan gunakan Rumus. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI