Persiapan Membuat Route Pelayaran (Passage Plan)

Persiapan sebelum mambuat passage plan atau route pelayaran.
Passage Plan atau biasa disebut route pelayaran Dibuat dari Berth to Berth ( Dermaga ke Dermaga) persiapan yang harus dilakukan ketika membuat passage plan yaitu:
  1. Koordinasikan Dengan Nakhoda untuk memilih Daerah pelayaran yang akan dilalui dengan mempertimbangkan kondisi cuaca, keadaan laut, dan faktor keamanan pada daerah pelayaran tersebut.
  2. Persiapkan Semua Peta Laut sesuai daerah yang akan di lalui Mulai Dari Dermaga Tempat tolak hingga Dermaga Tempat Tiba. 
  3. Dalamm menentukan haluan sejati kapal di atas peta laut, perhatikan bahaya-bahaya Navigasi seperti kapal karam, karang, dll yang dapat membahayakan kapal.
  4. Perhatikan kedalaman pada peta, pastikan kedalamannya melebihi draft maksimal kapal saat itu atau 10% dari maksimal draft kapal (Sesuaikan dengan kondisi kedalaman laut dan kedalaman alur pelabuham setempat).
  5. Passage plan yang telah dibuat, di tandatangani oleh Semua Perwira Deck dan Mengetahui Nakhoda.
  6. Jangan lupa untuk menempatkan passage plan yang sdh di print out di dekat GPS atau di Meja Peta utk memudahkan Perwira jaga Dan Nakhoda dalam mengecek dan memastikan route yang sedang ditempuh adalah benar dan tepat sesuai passage plan.
  7. Laporkan jarak pelayaran kepada Nakhoda sesuai rute yang di lalui yaitu jarak dari Dermaga ke Dermaga dan jarak dari OB ke OB.
Itulah beberapa hal yang harus kalian lakukan ketika ingin membuat passage plan khususnya Mualim 2 ketahui dan lakukan dalam membuat pasaage plan.

Note :

Waktu kedatangan akan selalu diupdate melalui Laporan Tengah hari atau yang kita kenal dengan Sebutan NOON POSITION REPORT atau Laporan jam 12 siang. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI