Cara Mendapatkan Nilai GM Ideal kapal.

Hal hal yang mempengaruhi nilai GM ( Metacentris Height )
GM ( Metacentris Height ) adalah jarak tegak antara titik G dengan titik M diukur pada bidang center line. 

Hal yang Mempengaruhi Nilai GM kapal

Perlu diketahui  Bagi yang belum paham bahwa Besar Dan Kecilnya Nilai GM kapal dipengaruhi oleh Persentase Penempatan Jumlah Muatan Di Dalam Palka Dan Di Atas Palka.

Kondisi Stabilitas Kapal Positif, Netral atau bahkan Negatif bergantung pada cara kalian menempatkan jumlah muatan di dalam palka dan di atas palka.

Nilai GM Tergantung Jenis Kapal 

Untuk Jenis Kapal Yang hanya memiliki ruang muat di dalam palka, selalu memiliki Kondisi Stabilitas Kapal Positif Namun Nilai GM Besar. Saat di laut, walau hanya terkena alun dari lambung kapal, kapal akan oleng mendekati 15 derajat meski memiliki draft kapal yang cukup dalam. Kapal dalam keadaan kosong juga memiliki Nilai GM yang besar.

Untuk Jenis Kapal yang memiliki Ruang Muat Di dalam Palka dan di atas palka, besar Kecilnya Nilai GM kapal dipengaruhi oleh Prosentase Jumlah Muatan Di atas palka dan di dalam Palka.

Menyusun Muatan Utuk Mengatur Nilai GM

Jika Jumlah Muatan misalkan 1000 ton, Ditempatkan di dalam palka sebanyak 900 ton, dan 100 ton di atas palka, maka dipastikan kondisi kapal memiliki stabilitas posisitif Namun Nilai GM Kapal Besar melebihi Nilai GM minimal kapal, dan kondisi kapal kaku, Meski hanya alun, kapal akan mengalami sudut oleng antara 5-15 derajat dan saat oleng membuat kendor lashingan, sangat berbahaya jika muatan bergeser dari tempatnya.

Sebaliknya jika Prosentase Muatan Di atas Palka lebih banyak dari pada jumlah muatan di dalam palka + Operating Load, Kapal akan mengalami kondisi Stabilitas Negatif Dengan Nilai GM dibawah Nila GM minimal. Saat pemuatan di dermaga bisa saja terbalik, atau saat dibantu assit lepas dari dermaga kapal bisa terbalik.

Cara Mendapatkan Nilai GM Ideal

Untuk Dapatkan Nilai GM yang ideal kalian dapat menempatkan muatan dengan persentase muatan untuk Di Dalam palka antara 50-60% persen dari total muatan dan untuk di atas palka kalian dapat menempatkan 30-40% persen dari total muatan.

Bila prosentase muatan kalian seprti ini,  yakinkanlah, walau kapal kalian  terkena gelombang dari arah lambung kapal, kapal tidak akan oleng lebih dari 5 derajat.

Banyak teman-teman yang beranggapan kapal oleng disebabkan karena musim gelombang dan sifat kapalnya seprti itu. Satu pola pikir yang harus dirubah, terutama kalian yang bekerja di kapal kontainer. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI