Cara Menghitung Perubahan Draft Akibat Pemuatan (Sinkage)

Cara menghitung perubahan draf akibat pemuatan singkage dan perubahan draft setelah bongkar muatan.

Ton Per Centimeter (TPC)

Sebelum kita masuk keinti pembahasan pertama-tama akan saya perjelas untuk kawan yang belum paham bahwa Kepanjangan dari TPC adalah Ton Per Centimeter artinya Dengan Bobot Sekian Ton Akan Merubah Draft Kapal Sebesar 1 Centimeter.

Sebagai contoh TPC kapal (X) adalah 15.5 Ton.. Untuk Mengubah Draft Kapal Sebesar 1cm diperlukan Muatan seberat 15.5 ton. Jika Kapal dimuati muatan sebanyak 15.5 ton maka draft kapal (badan kapal yg tenggelam di air) akan bertambah sebesar 1cm, demikian juga jika dibongkar muatan 15.5 ton maka draft kapal (badan kapal yg tenggelam atau terbenanm di air) akan berkurang sebesar 1cm.

Nilai TPC ini sudah dihitung pada saat kapal dibuat  dan dicantumkan didalam Stability Booklet. Jika di atas kapal tidak ada stability boklet, dan teman-teman kesulitan untuk mencari Nilai TPC maka teman-teman bisa gunakan rumus mencari Nilai TPC yang pernah saya bahas sebelumnya
Baca: Rumus Mencari TPC 
setelah memahami apa itu TPC, selanjutnya kita akan lanjut mengenai bagaimana caranya kita menghitung perubahan draft akibat pemuatan (Sinkage) dengan diketahuinya Nilai TPC.

Rumus Perubahan Draft (sinkage)

Mean Draft Awal Kapal Sebelum Muat (Initial Draft) adalah 2.40 meter. Nilai TPC 17.23. Rencana Muat Muatan Sebanyak 3000 Ton. Setelah Diketahui Nilai TPC dan Tonase Cargo, kalian sudah bisa hitung dan ketahui Draft akhir nantinya setelah pemuatan atau setelah dimuati 3000 ton. (Sebelum Selesai Muat kita sudah lebih dahulu ada gambaran berapa draft akhir kapal kita).

Sinkage = Total Cargo Dibagi TPC hasilnya Dibagi 100. 

Itulah Nilai Perubahan Draft Akibat Pemuatan. Nilai Perubahan draft tadi ditambahkan dengan Initial draft atau draft awal, dapatlah draft akhir setelah pemuatan.

Rumus Perubahan Draft Setelah Bongkar

Jika ingin tau draft setelah Bongkar Muatan, teman-teman harus tau nilai Mean Final Draft, Ketahui TPC, ketahui Jumlah Cargo yang dibongkar. Rumusnya sama sepeti di atas hanya saja Nilai Perubahan Draft yg diperolwh tidak ditambahkan dengan Mean Final Draft tetapi Nilai Mean Final Draft dikurangi Nilai Perubahan Draft Akibat Bongkar muatan itulah Draft akhir setelah bongkar.
Perhitungan ini sangat penting sekali dipahami agar kapal kita tidak over draft dan bisa masuk sautu alur dengan sailing draft yg sudah ditentukan. Jika sdh dihitung, dan akhirnya over draft, teman-teman sudah bisa komplen ke kantor untuk kurangi muatan sebelum dilakuakn kegiatan muat Namun jika teman-teman tidak paham hitungannya, hanya asal mengiyakan, saat muat kapal bisa over draft.

Harus Diingat Mean Draft adalah draft rata" = 0 Trim = Eveen keel

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI