Mengganti Udara dengan Gas Lembam (pelembaman)
Uap dari kargo terakhir didalam sistem digantikan dengan gas lembam dari generator gas lembam pada kapal, atau dengan nitrogen murni dari darat. Jika menggunakan gas lembam kapal, sistem pemipaan kargo dari tangki harus dibuka untuk memperoleh ventilasi sebelum pasokan gas lembam tersambung, sebagai tindakan pencegahan tambahan terhadap kemungkinan aliran balik dari uap yang dapat terbakar ke generator.Peraturan terkait ventilasi pada uap kargo dipelabuhan harus diamati. Peraturan seperti ini bisa menyaratkan bahwa uap kargo yang telah mendapat ventilasi harus diarahkan ke sebuah suar atau cerobong ventilasi di darat.
Baca: Tujuan Pelembaman Kapal Tanker
Pelembaman dilanjutkan hingga titik embun yang diperlukan atau konsentrasi uap kargo atau tingkat oksigen tercapai.
Baca: Metode Pelembaman
Penggantian dengan uap dari kargo selanjutnya (pembersihan)
Jika kedua kargo cocok, baik dari sisi reaksi kimiawi maupun ketentuan pengangkut, uap dari kargo sebelumnya bisa diganti (dibersihkan) langsung dengan uap dari kargo selanjutnya, dari penyimpanan diatas kapal atau dari darat.Jika pembersihan dilakukan di pelabuhan, peraturan setempat bisa menyaratkan agar uap yang dikeluarkan diarahkan ke darat untuk pembuangan yang aman, baik untuk memperoleh ventilasi atau cerobong suat atau untuk digunakan di tempat di darat.
Dalam semua kondisi, pemberitahuan terlebih dahulu harus diberikan kepada otoritas pelabuhan dan memperoleh ijin sebelum memulai operasi. Pembersihan harus dilakukan di jalan yang paling cocok hingga kondisi yang dapat diterima untuk kargo selanjutnya telah tercapai.
silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI