Tujuan Pendinginan Pada Tangki | Tanker LNG

Pendinginan Pada Tangki dan Saluran Pipa kapal Tanker LNG

Pendinginan Pada Tangki dan Saluran Pipa 

Pendinginan pada tangki dan saluran pipa dilakukan untuk mengendalikan tekanan panas, dan kecepatan pemuatan harus dibatasi selama pendinginan. Jika tangki terpasang alat semprot, maka ini harus digunakan dan mendistribusikan cairan di sekitar bagian dalam tangki serata mungkin untuk menghindari tekanan panas. 

Penyemprotan pendinginan penting untuk kargo sangat dingin seperti ethylene atau LNG. Batasan tertentu pada kecepatan pendinginan juga bisa diterapkan pada pengangkutan LPG. Tekanan yang terbangun didalam tangki akan membatasi kecepatan dimana cairan dimasukkan. 

Penggunaan saluran balik uap disarankan untuk menghindari pendinginan dan kecepatan pemuatan diatur oleh kapasitas ruang pencairan ulang.

Pekerjaan pipa dan peralatan kargo harus didinginkan dengan menyirkulasi cairan pada kecepatan terkendali.

Sistem harus mencapai suhu cairan yang cukup dengan perlahan untuk menghindari tekanan panas yang tidak perlu pada material atau perluasan/penyiutan alat. 

Cairan yang digunakan bisa berasal dari darat, penyimpanan diatas kapal atau tangki kargo. 

Sensor suhu akan menunjukkan ketika ada cairan di dasar tangki, namun cairan harus dimasukkan secara perlahan hingga dasarnya tertutup sempurna.

Pendinginan pada tangki bisa menyebabkan penurunan tekanan dalam muatan tertutup atau ruang interbarrier, dan udara kering, gas lembam atau nitrogen kering harus dimasukkan untuk menjaga tekanan yang positif.
Ini biasanya dilakukan dengan alat otomatis. Pengukur tekanan harus diamati dengan teratur selama pendinginan untuk memastikan terjaganya tekanan yang dapat diterima.

PEMBENTUKAN ES ATAU HIDRATE

Es atau hidrat bisa terbentuk selama pendinginan jika ada uap lembab didalam atmosfir tangki. Selama pendinginan, klep harus dioperasikan dengan sering untuk memastikan bahwa mereka bebas, jika mungkin, batang pompa harus diputar secara manual dalam interval.

LPG dari tekanan penyimpanan diatas suhu 0ºC bisa mengandung air. Jika digunakan untuk pendinginan sebelum pemuatan LPG, es atau hidrat bisa terbentuk dimana terjadi perluasan. Air bisa dihindari dari pembekuan dengan mencampurkannya dengan anti beku. Anti beku hanya digunakan dengan persetujuan pengangkut.

SUHU TANGKI KARGO MINIMUM

Beberapa tangki kargo, tangki dengan tekanan penuh dan beberapa tangki dengan tekanan semi, memeiliki suhu tangki kargo minimum yang diperkenankan, yang lebih tinggi daripada titik didih untuk satu atau lebih produk yang bisa dibawa kapal.

Untuk mencegah pendinginan tangki tersebut dibawah batas selama pemuatan, mereka harus diberi tekanan hingga suhu cairan yang bersangkutan diatas suhu tangki minimum yang diperkenankan.

Setelah menyelesaikan PEMBUANGAN cairan yang tersisa harus dikosongkan sepenuhnya sebelum uap tangki dievakuasi, untuk mencegah suhu dari sisa cairan turun dibawah suhu tangki minimum yang diperkenankan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI