Pemberian warna pada sistem pipa diatas kapal

pemberian warna pada sistem perpipaan diatas kapal
Tujuan Pemberian Warna

seperti yang kita semua ketahui bahwa sistem perpipaan diatas kapal sangatlah banyak dan beragam, hampir disetiap bagian kapal terdapat pipa.

Pemberian warna pada sistim perpipaan sangat penting agar memudahkan operator ABK bagian mesin khususnya untuk mengetahui sistim perpipaan yang berada diatas kapal, pebrian warna juga bertujuan untuk mencegah terjadinya korosi atau karatan pada permukaan sistem perpipaan diatas kapal.

Perpipaan adalah sebua bendah diatas kapal yang berfungsi sebagai tempat mengalirnya zat cair dari satu tempat ke tempat yang lain.

fungsi pemberian warna pada pipa diatas

Adapun tujuan atau Fungsi pemberian warna pada pipa diatas kapal sendiri adalah untuk memudahkan awak kapal untuk membedakan sitem perpipaan tersebut, adapun sistem perpipaan dan pemberian warna diatas kapal adal sebagai berikut:


  1. Warna Biru (Blue) Menunjukkan sistem Tangki/perPipaan Fresh Water (Air Tawar)
  2. Warna Hijau (Green) Menunjukkan sistem Tangki/perPipaan Sea Water (Air Laut)
  3. Warna Kuning (Yellow) Menunjukkan sistem Tangki/perPipaan Lubricating Oil
  4. Warna Merah (Red) Menunjukkan sistem perpipaan bahan bakar (fuel oil)
  5. Warna Putih (White) Menunjukkan sistem penumatik Pipa Air System (Udara)
  6. Warna Hitam (Black) Menunjukkan sistem Tangki/perPipaan Air Got (Bilges)
  7. Warna Abu-Abur,Silver,Perak Menunjukkan sistem Cerobong Asap (Exhaust Manifold)

Pipa bahan bakar

Pipa Fuel Oil (Bahan Bakar) adapun pemberian warna pada sistem perpipaan bahan bakar secara internaional yaitu dengan. Berwarna merah 

Pipa bahan bakar merupakan salah satu jenis perpipaan yang fungsinya sebagai wadah atau tempat mengalirnya bahan bakar dari satu tangki ke tangki yang lain diatas kapal. Untuk memudahkan awak kapal membedakan pipa bahan bakar dengan sistim perpipaan yang lainnya maka diberi warna tertentu.

Pipa minyak pelumas

pipa minyak pelumas (Lubricating Oil) adapun pemberian warna pada sistem perpipaan minyak pelumas secara internaional yaitu dengan. warna kuning

Pipa minyak pelumas adaalah sistem perpipaan yang berfungsi sebagai wadah atau tempat mengalirnya minyak pelumas dari satu tempat ke tempat yang lain diatas kapal. Untuk membedakan pipa dengan sistim perpipaan yang lainnya maka diberi warna tertentu.

Pipa Cerobong Asap

pipa cerobong asap (exhaust manifold ) adapun pemberian warna pada sistem perpipaan cerobong asap secara internasional yaitu dengan warna abu-abu atau silver

Pipa cerobong asap  berfungsi sebagai tempat/wadah keluarnya asap sisa pembakaran main engine (M/E) dan aux engine (A/E) dari ruang bakar mesin keluar dari kapal. Untuk membedakan sistem pipa pendingin dengan sistim perpipaan yang lainnya maka diberi warna tertentu yang berlaku secara internasional. 

Pipa air tawar

pipa air tawar (Fresh Water) adapun pemberian warna pada sistem perpipaan air tawar secara internasional yaitu dengan warna biru

merupakan sistem perpipaan yang fungsinya sebagai  tempat mengalirnya air tawar dari satu tempat ke tempat yang lain kapal. Untuk membedakan pipa dengan sistim perpipaan yang lainnya maka diberi warna tertentu

Pipa air laut

pipa air tawar (Sea Water) adapun pemberian warna pada sistem perpipaan air laut secara internasional yaitu dengan warna hijau

Pipa air laut berfungsi sebagai tempat/wadah mengalirnya sea water dari satu tempat ke tempat yang lain pada kapal. Untuk membedakan sistem pipa pendingin dengan sistim perpipaan yang lainnya maka diberi warna tertentu yang berlaku secara internasional.

Pipa Udara/angin

pipa udara/angin (air sistem) adapun pemberian warna pada sistem perpipaan udara/angin secara internasional yaitu dengan Warna Putih

Pipa uda berfungsi sebagai sistem penumatik sebagai wadah untuk memindahkan angin bertekanan tinggi untuk menstar main engine (M/E), aux engine (A/E), dan permesinan lainnya yang menggunakan sistem penumatik. Untuk membedakan sistem pipa penumatik dengan sistim perpipaan yang lain maka diberikan warna tertentu yang berlaku secara internasional.

Pipa air Got (Bilges)

pipa air got (biges) adapun pemberian warna pada sistem perpipaan got secara internasional yaitu dengan warna hitam

Pipa air got  berfungsi sebagai tempat/wadah mengalirnya air got dari satu tempat ke tempat yang lain pada got kapal. Untuk membedakan sistem pipa pendingin dengan sistim perpipaan yang lainnya maka diberi warna tertentu yang berlaku secara internasional.

Perawatan perpipaan

berikut ini jenis perawatan yang dilakukan untuk semua jenis sistem perpipaan yang diatas kapal adalah :

  1. pengecatan dengan cat anti korosif. Pengecatan ini dimaksudkan untuk  memberikan lapisan anti karatan atau korosif pada permukaan pipa atau tangki.
  2. selanjutnya ayaitu memberikan lapisan pipa yang telah dicat dengan cat anti karat/korosif dengan cat yang biasa (Top coating).
  3. Menghilangkan lapisan  karat dengan diketok/cipping dengan palu ketok atau digerinda kawat, untuk menghilangkan sisa kotoran dan karatan yang terdapat pada permukaan pipa, lalu dicat dengan cat anti karat dan cat biasa (Top coating).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 komentar

komentar
October 26, 2018 at 5:34 PM delete

Wah wah,, akhirnya terbantu juga tugas saya,, makasih ya dimensi pelaut :)

Reply
avatar
October 26, 2018 at 5:39 PM delete

Kami jga masi punya banyak artikel lain silahkan berkunjung lagi yaa

Reply
avatar
May 16, 2019 at 11:40 PM delete

cara copy nya gimna bass???

Reply
avatar
July 4, 2019 at 3:25 AM delete

Kepada Yth.
Bagian Ekspor - Import & Domestics

Dengan Hormat,
Perkenalkan kami dari PT.MEGATON SAMUDERA ASIA International Freight Forwarding, melayani pengirimam dengan pembelian EX WORKS, FOB, C&F, CIF, dari seluruh Negara dan service yang kami tawarkan sebagai berikut :

Ø Sea and Air Cargo Service
Ø Customs Clearance Service
Ø International Courier Services
Ø Jasa Import Door To Door
Ø Import Borongan Mesin Bekas
Ø Undername Import KUOTA SPI Biji Plastik
Ø Undername Import KUOTA SPI Besi & Baja
Ø Borongan ( All-In )
Ø Undername (Penyewaan Consegnee)

Demikianlah Penawaran Jasa ini kami ajukan Kepada Perusahan yang Bpak/Ibu Pinpin Semoga terjalin kerjasama dengan Baik Untuk yang akan datang, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

PT.MEGATON SAMUDERA ASIA
Gedung Pembina Graha Lt. 02 Room. 221
Jl.D.I Penjaitan No.45 Rawa Bunga Jakarta 13350

Contact :
Tlp : +62 21 – 8591 7799
Fax : +62 21 – 2232 6705
Web : www.importundername.com
Web : www.msalogistics.co.id
Web : www.undernameimport.com

BP. ZAIN
Hp.Wa 08124888854
Hp.Wa 08122223856

Reply
avatar
October 14, 2020 at 6:48 PM delete

Warna Merah Untuk Fuel.. Lalu Untuk Fire Warna Apa ?

Reply
avatar
December 11, 2021 at 10:26 AM delete

Setau saya Merah(red) itu pipa fire fighting(pemadam kebakaran)
Dan untuk coklat(Brown) untuk fuel diesel oil(bahan bakar)

Reply
avatar

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI