Merkah Benaman (Plimsol Mark) Kapal
Adalah sebuah tanda untuk membatasi berat muatan yang boleh diangkut oleh sebuah kapal dengan batas yang aman di berbagai musim, Sebuah kapal apabila diberi muatan terus menerus akan tenggelam sebab tenaga apung cadanganya sudah habis.
Untuk memperoleh suatu jaminan bahwa suatu kapal yang di beri muatan masi mempunyai tenaga apung cadangan yang cukup, maka ditetapkanlah undang-undang perkapalan untuk memasang merka benaman (plimsol mark), Undang-undang perkapalan menetapkan merkah benaman (plimsol mark) harus dipasang pada sisi kiri dan sisi kanan lambung kapal, pada pertengahan dari panjang kapal tersebut
Pemasangan Merkah Benaman (plimsol mark)
sebelum pemasangan plimsol mark pada sebuah lambung kapal terlebi dahulu ditentukan letak garis deck (deck line). Garis deck ini ditunjukkan dengan garis datar, dimana sisi atasnya berhimpit dengan sisi atas dari geladah lambung bebas (deck jalan terus)
Garis Pada Merkah Benaman (plimsol mark)
garis-garis benaman dibagi menurut musim. garis-garis tersebut merupakan acuan atau petunjuk dalam proses pemuatan yang disesuaikan dengan daerah pelayaranya, seperti yang kita ketahui setiap daerah mempunyai musim yang berbeda-beda. berikut penjelasan tentang garis merkah benaman (plimsol mark) tersebut;
- Summer (S) garis benaman musim panas, garis ini sama tingginya dengan garis tengah pada lingkaran (geris muat)
- Winter (W) garis benaman musim dingin, garis benaman ini dipasang dibawah garis (S) yang jaraknya 1/48 sarat (S)
- Winter North Atlantick (WNA) garis musim dingin atlantick utara, garis ini berda 2inci dibawah garis (W) dan hanya berlaku bagi kapal-kapal yang panjangnya lebih darih 100 meter dan beroprasi atau berlayar dilintang lebih tinggi 60 derajat U
- Tropik (T) garis benaman musim tripok, letak garis ini berada 1/48 sarat diatas garis (S)
- Summer Fresh (SF atau F) garis ini khusus untuk air tawar dimusim panas
- Tropick Fresh) garis ini khusus untuk musim tropic
Catatan penting plimsol mark
untuk kapal-kapal yang membawa muatan kayu diberi merkah benaman (plimsol mark) yang khusus, dimana lambung bebasnya lebih kecil dari kapal barang yang biasa, kecuali lambung bebas WNA yang selalu sama denga kapal-kapal barang biasa. garis merkah benaman (plimsol mark) kapal jenis ini mendapat awalan (L) misalnya (LT), (LS), (LW) seperti pada gambar diatas
Apabila garis-garis benaman dari kapal biasa ditempatkan disebelah depan dari lingkaran merkah benaman (plimsol mark), lain halnya untuk kapal bermuatan kayu gari-garis benamanya ditempatkan disebelah belakan leinkaran merkah (lingkaran muat) contoh seperti pada gambar diatas.
Untuk kapal layar hanya terdapat dua garis benaman yaitu (F) dan (WNA). sarat maksimal untuk musim tropic dan musim dingin ditunjukkan oleh garis tengah pada lingkaran muat.
Sedangkan untuk kapal Tanker merkah benaman sama dengan yang biasa hanya saja letak garis (WNA) yang disesuaikan dari panjang kapal tersebut. Jarak dari (WNA) ke (W) adalah 1inci tiap 100meter panjang kapal.
sekian artikel mengenai merkah benaman (plimsol mark) semoga bermanfaat lebih dan kurangnya mohon dimaafkan, semoga artikel ini bermanpaat bagi semuanya mohon.
silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI