Jenis-Jenis Kapal tanker berdasarkan ukuran dan Bentuknya

Jenis Kapal tanker berdasarkan ukuran dan Bentuknya


Kapal tanker

Kapal tanker adalah kapal yang dirancang untuk mengangkut minyak atau produk turunannya, kapal tangker di desain berbeda dengan jenis kapal lain, dengan ciri khas pipa-pipa yang begitu banyak di bagian deck. 
adapula yang di desain berbentuk setengah lingkaran bada bagian decknya tengker jenis ini biasanya di sebut LNG, Di antara berbagai jenis kapal tanker, supertanker dirancang untuk mengangkut minyak terbesar di dunia.

Di samping mengangkut pipa saluran minyak, kapal tanker juga kendaraan untuk mengangkut minyak mentah, 

kapal tanker dirancang dengan sistem keselamatan tinggi dan menetapkan standar keselamatan yang sangat tinggi hal ini diesebapkan karna jenis  muatan yang dibawanya sangat berbahaya. 

Kapal Tanker Membawa muatan  yang berbahaya untuk Manusia dan linkungan,apabila terjadi kesalahan akan berakibat fatal bagi pekerja di kapal dan lingkungan sekitarnya,maka dari itu bekerja dim atas kapal tangker sangat di perhatikan SAFETY para pekerja.

tak sedikit kejadian-kejadian telah terjadi yang di alami teman kita saat bekerja dikapal tangker ntah itu kebakaran atau pencemaran.

Jenis kapal Tanker Berdasarkan muatan 

Berikut ini adalah jenis jenis kapal tangker di klasifikasikan berdasarkan jenis muata yang dimuatnya antaralain; Oil Tanker, Chemical Tanker, Liquified Natural Gas (LNG) tanker

Oil Tanker

jenis kapal tanker bermuatan minyak
adalah jenis kapal tanker yang dibangun atau disesuaikan untuk mengangkut minyak curah. Ada beberapa jenis oil tanker, antara lain; Crude Tanker dan Product Tanker. Crude Tanker adalah kapal tanker yang membawa muatan minyak mentah, sedangkan product tanker adalah kapal tanker yang membawa muatan yang sudah diolah dari kilang. Ukuran kapal Crude Tanker biasanya berukuran lebih besar dari kapal Product Tanker.

Chemical Tanker  

jenis kapal tanker bermuatan chemical
adalah jenis kapal tanker yang dirancang untuk mengangkut bahan kimia. Chemical Tanker juga digunakan untuk mengangkut jenis bahan sensitif dengan standar kebersihan tankhi yang tinggi seperti minyak nabati, lemak, minyak sawit, soda kaustik, dan metanol. Chemical tanker ini tebagi dalam beberapa golongan atau class 1,2,3 dll.Biasanya Tanker Chemical tergantung oleh tingkat bahaya bahan kimia,apa bila bahan kimia yang di bawa sangat berbahaya maka kapal Tanker ini di masukan di class 1,untuk class 2 dan 3 untuk bahan kimia menengah dan rendah contoh muatan Palm Oil atau Minyak Kelapa saiwit dll.  

Liquified Natural Gas (LNG)  

kapal tanker jenis lng yang digunakan untuk memuat cairan gas.
Kapal Tanker LNG adalah jenis kapal tanker yang dirancang dengan bentuk yang unik yaitu seprti setengah lingkaran bola besar yang di pasang pada bagian deck untuk mengangkut muatan gas alam cair.

Jenis kapal tangker berdasakan ukuran

Berikut ini adalah jenis jenis kapal tangker di klasifikasikan berdasarkan ukuran atau besar kapal tangker tersebut antara lain; Coastal, Aframax, Seuz-max, VLCC (Very Large Crude Carrier), ULCC (Ultra Large Crude Carrier)
  • Coastal adalah kapal tangker dengan ukuran LAO 205m BEAM 29m DRAF 16m dan memiliki Bobot mati <50.000DWT
  • Aframax adalah kapal tangker dengan ukuran LAO 245m BEAM 34m DRAF 20m dan memiliki Bobot mati 50.000- 80.000 dwt
  • Seuz-max adalah kapal tangker dengan ukuran LAO 285m BEAM 45m DRAF 23m dan memiliki Bobot mati 80.000- 160.000 dwt
  • VLCC (very large crude carrier) adalah kapal tangker dengan ukuran LAO 350m BEAM 55m DRAF 28m dan memiliki Bobot mati 160.000-300.000 dwt
  • ULCC (ultra large crude carrier) adalah kapal tangker dengan ukuran LAO 415m BEAM 63m DRAF 35m dan memiliki Bobot mati >300.000 dwt
Baca: sistem pencegahan pencemaran minyak di kapal tanker
Kapal Tanker adalah kapal yang menetapkan standar keselamatan yang sangat tinggi hal ini diesebapkan karna jenis  muatan yang dibawanya sangat berbahaya. Berikut ini adalah beberapa sartifikat yang harus dipersiapkan antara lain:
  • sertifikat keahlian seperti Basic Safety Training (BST).
  • Proviciency in Survival Craft and Rescue Boat (PSCRB)
  • Advance Fire Fighting (AFF)  
  • Medical First Aid (MFA)
  • Tanker Familiarization (TF)
  • Deck Watchkeeping (ANT-D) 
  • Oil Tanker (OT) 
  • Chemical Tanker (CT).
  • Liquified Gas Tanker (LGT).

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI