Pengertian one hour notice (OHN)
Dalam dunia pelayaran khususnya yang bekerja di atas kapal pasti tidak asing dengan istilah OHN (one hour notice ).OHN atau one hour notice adalah Sebuah edaran pemberitahuan tertulis persiapan kapal sebelum berangkat, sebelum sampai di dermaga atau area berlabuh jangkar .Buku OHN juga berisi daftar nama serta tanda tangan Captain dan Perwira baik deck departmen maupun engine departemen ,kadang kalau diatas kapal tersebut ada Electrician,Mandor Mesin serta Pelayan maka bisa saja nama tersebut di sertakan di dalam kertas edaran OHN itu.Demikian Pengertian istilah OHN yang saya ketahui ,semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian.
OHN Persiapan Olah Gerak Departure in Port
Persiapan yang Dilaksanakan pada saat ohn olah gerak meninggalkan pelabuhan berkaitan dengan mesin penggerak utama dan pesawat bantu pada saat olah gerak adalah:
- Menjalankan generator cadangan untuk menambah power pemakaian olah gerak dan memparalelkan dengan generator
- Pemberian power ke panel winch mooring dan wind last untuk pelepasan tali tross.
- Start main engine FO pump check tekanan sesuai ketentuan pada manometer.
- Start main engine turning motor + 20 – 30 menit.
- Matikan motor turning dan lepaskan gigi pemutar turning dari flywheel.
- Cerat udara start pada botol angin dari air dan minyak.
- Isi botol angin sampai pada tekanan maksimal (30 kg/cm²)
- Buka kran air horn (angin suling) ke anjungan.
- Beri pelumasan pada manouvering gear valve.
- Lakukan test telegraph dan pencocokan jam anjungan dengan jam kamar mesin.
- Buka kran udara start ke main engine.
- Pastikan kran indicator main engine dalam keadaan terbuka dan lakukan blow up 2 – 3 kali kemudian tutup rapat kran indicator kembali.
- Start FW cooling main engine pump.
- Adakan test engine (maju-stop-mundur).
- Catat flow meter bahan bakar pada buku manouver dan pastikan pembakaran bahan bakar MDO pada saat olah gerak.
- Untuk persiapan pada pesawat ketel : Start pompa circulating pada saat main engine stand by 4 jam sebelum OHN (One Hour Notice) boiler sudah dihidupkan
OHN Persiapan Olah Gerak Arrival in Port
Persiapan yang dilakukan ketikan kapal akan tiba dipelabuhan berkaitan dengan mesin penggerak utama dan pesawat bantu pada saat ohn kapal tiba adalah:
- Menyiapkan eletrik power untuk manouver yaitu menjalankan generator untuk menambah power jika diperlukan.
- Menjalankan pompa oil standby (saat manouver).
- Mengisi botol angin sampai pada tekanan maksimum dengan menjalankan kompressor untuk kebutuhan olah gerak.
- Persiapan buku manouver.
- Membuka kran udara start ke mesin induk.
- Mengadakan test telegraph dengan anjungan.
- Mensinkronkan jam kamar mesin dengan anjungan.
- Membuka kran air horn (angin suling) ke anjungan.
- Menutup steam pemanas bahan bakar FO main engine dan set regulatornya sesuai kebutuhan.
- Mengganti bahan bakar FO dengan DO untuk main engine.
- Mencatat Flowmeter pada saat penggantian bahan bakar.
- Menyetel regulator lubricator oil sesuai kebutuhan main engine.
- Memberi power pada panel winch mooring dan wind last.
Tindakan yang Dilakukan Setelah Selesai Olah Gerak
- Biarkan pompa pendingin (air laut/tawar) pompa oil standby berjalan selama + 5 menit untuk mendinginkan/menurunkan suhu mesin tersebut.
- Membuka kran indicator untuk memblow up gas-gas sisa gas pembakaran dari ruang pembakaran pada motor induk.
- Biarkan pompa sirkulasi untuk L.O jalan + 15 menit lalu matikan
- Turning fly wheel (roda gila) untuk memblow juga
- Matikan pompa bahan bakar
- Matikan salah satu motor bantu (generator) bila tidak langsung bongkar muat, setelah mesin-mesin dek selesai bekerja semu
- Bersihkan sisa-sisa minyak dimesin dan sekitarnya.
- Matikan blower jika tidak diperlukan lagi.
silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI