Pengertian BOSV, EOSV, Manouver Time, dan Manouver Distance.

Pengertian penjelasan dan kapan dimulai penghitungan bos eosv manuver distance dan manuver time
Hal ini penting sekali utk diketahui, karena disetiap akhir pelayaran ada Voyage Repeort, juga ada Month Report yang mana laporan-laporan ini ada keterkatiannya dengan penggunaan BBM di atas kapal.

BOSV (Begin Of Sea Voyage)

BOSV adalah Waktu Tempuh Pelayaran dihitung sejak ada instruksi dari Nakhoda kepada Perwira Jaga Maupun Ke Engine Control Room tentang waktu Full A Way.

Penentuan waktu full a way atau BOSV disampaikan oleh Nakhoda ketika kapal telah dirasa aman dan clear alur (tidak ada lagi penggunaan telegraph utk menambah atau mengurangi kecepatan kapal). 

Untuk waktu full A Way digunakan angka (Jam Dan Menit) yang bisa dibagi dengan angka 6. Kenapa harus dibagi dengan angka 6, hal ini bertujuan untuk memudahkan pelaut khususnya Engine Department dalam menghitung pemakaian BBM.

Untuk perwira deck yang membantu Nakhoda di Anjungan, ketika ada intruksi Dari Nakhoda untuk Waktu Full A way, jangan lupa untk mencatat titik koordinat saat itu dan di ploting di atas paper chart. Posisi tersenut merupakan dimulainya hitungan jarak dan waktu pelayaran.

EOSV (end Of Sea Voyage)

EOSV merupakan Hitungan Waktu Pelayaran yang akan berkahir ketika ada instruksi Dari Nakhoda kepada Perwira Jaga Deck dan perwira Di Engine Control Room untuk STANBY ENGINE atau biasanya disingkat dengan tulisan STBE. 

Untuk penentuan waktu STBE sama seprti Full a way yaitu menggunakan jam dan menit yang bisa dibagi dengan angka 6. Dengan di tentukannya waktu staby engine, maka berakhir pula hitungan jarak dan waktu tempuh pelayaran.

Jangan lupa untuk kalian perwira deck yang saat itu berada di anjungan mencatat titik koordinat sesuai waktu STBE dan diploting di paper chat sebagai tanda berkhirnya perhitungan jarak pelayarannya.

Note

OHN bukan waktu berakhirnya pelayaran tetapi 1 jam persiapan kapal tiba, waktu pelayaran dan jarak pelayaran berakhir an dimulai ketika ada instruksi stanby engine dan full a way oleh Nakhoda.
Baca: Prosedur saat OHN

Manouver Distance 

Adalah Jarak yang dihitung mulai dari Tali terakhir yang lepas dari bolder dermaga hingga adanya intstruksi dari Nakhoda untuk Full A Way.

Manouver Time

Merupakan Waktu yang dihitung mulai dari kapal lepas tali terkahir dari dermaga hinga kapal full a way.

Dibeberpaa perusahaan Bonafit, Hal-hal  yang  bahas di atas harus kita kerjakkan dan laporkan ke kantor sebagai bahan evaluasi penggunanan BBM dan Efisiensi waktu selama 1 bulan atau Voyage.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI