Koreksi Draft atau Draft Corection

Cara menghitung perubahan draf akibat pemuatan singkage dan perubahan draft setelah bongkar muatan.
Pada Kesempatan kali ini kita akan sedikit membahas tentang Apa Yang dimaksud dengan koreksi draft atau Draft Corection yang mana nntinya akan berkaitan dengan Squat dan Perbedaan dencity..

Berikut ini merupakan contoh agar mempermudah kita untuk mengetahui tentang draft corection:

Maksimum Draft Kapal A saat sedang terikat (kapal dalam keadaan diam) di pelabuhan pantai dengan BJ air laut 1.025 adalah 2.30 meter..Kapal akan masuk alur dengan BJ air payau 1.009..
Dari ilustrasi diatas nampak ada 2 jenis dencity air yang berbeda dan draft maksimum kapal tersebut dalam keadaan diam atau terikat di dermaga.

Pertanyaan :
  1. Bagaimana jika kapal tersebut sedang berlayar apakah ada perubahan draft?
  2. Bagaimna jika kapal tersebut berpindah dari dencity air laut ke dencity air payau, atau sebaliknya apakah ada perubahan draft?

dari 2 pertanyaan diatas tentu saja kapal akan mengalami perubahan draft. Hal" yang mempengaruhi perubahan draft  Yaitu:

1.Jika kapal sedang berlayar maka perubahan draft akan dipengaruhi oleh kecepatan kapal atau yang kita kenal dengan Nama Squat (terlepas dari pemakain BBM, FW)...Semakin Besar kecepatan kapal, akan semakin besar pula badan kapal buritan yang terbenam di air mengakibatkan tejdinya perubahan draft (draft bertambah)..

Squat Terbagi Menjadi Dua

  1. Squat di perairan bebas atau di laut = coefisien Blok x V" (V kuadrat) dibagi 100 hasilnya dibagi lagi dengan 10. Dimana V = kecepatan kapal..
  2. Squat di perairan terbatas atau di alur sungai = 2 x CB x V kuadrat dibagi 100 hasilnya dibagi 10 itulah nilai squat

2.Kapal dari laut dengan dencity 1.025 memasuki perairan air payau dengan bj 1.009 (hanya sampel) akan mengalami perubahan draft atau kita sebut draft di air payau...

Untuk rumus draft di air payau bila dari laut adalah = Draft di laut x BJ air laut dibagi Bj air payau..

Sebaliknya jika dari air payau ke laut rumusnya adalah = draft di air payau x BJ air payau dibagi BJ Air laut..
Dari pembahasan ini saya harap kawan" dapat simpulkan sendiri apa yang dimaksud dengan koreksi draft..

koreksi draft hanya 2 item saja yang perlu kawan" hitung yaitu Squat dan draft saat kapal di laut, di sungai atau di air tawar akibat perbedaan dencity.. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI