Hal Yang Harus Dipertimbangkan Ketika Kapal Tanker Muat

Hal-hal yang harus dipertimbangkan untuk kecepatan pemuatan awal dan maksimum, kecepatan penyelesaian pemuatan serta waktu yang diminta untuk menghentikan pemuatan normal  pada kapal tanker

Pertemuan sebelum kargo dengan personil dari terminal 

Perjanjian antara Mualim I dan Perwakilan Terminal/Syah bandar harus termasuk tapi tidak terbatas pada:

  1. Nama kapal, tambatan, waktu
  2. Nama dan tanda tangan personil kapal yang bertanggungjawab serta personil darat yang bertanggungjawab
  3. Lokasi minyak kargo ketika memasuki / meninggalkan pelabuhan
  4. Informasi mengenai hal-hal berikut ini untuk setiap jenis minyak kargo yang dibawa :
  • Jumlah maksimum dan tangki-tangki yang akan dimuat
  • Tangki-tangki di darat
  • Tali kapal/darat yang akan digunakan
  • Kecepatan pemuatan
  • Alat pemuatan yang akan tersambung
  • Tekanan belakang maksimum pada manipol yang diperkenankan
  • Batasan suhu
  • Sistem pengaliran udara 
5Pelarangan karena alasan-alasan berikut ini:
  • Karakteristik elektrostatis
  • Penggunaan klep tertutup otomatis
  • Perjanjian ini harus memasukkan rencana pemuatan yang menunjukkan waktu yang telah dijadwalkan dan hal-hal tersebut dibawah ini.

Hal-hal yang harus Dipertimbangkan Untuk Urutan Pemuatan Tangki 

  • Operasi pembuangan 
  • pengubahan tangki kapal dan tangki darat
  • Pencegahan terjadinya kontaminasi minyak kargo 
  • Pengaliran minyak dari alat pemuatan
  • Tindakan atau operasi lainnya yang mempengaruhi kecepatan aliran
  • Keseimbangan dan daya muat
  • Tekanan pada lambung kapal yang diperkenankan

Hal-hal yang harus dipertimbangkan untuk kecepatan pemuatan awal dan maksimum, kecepatan penyelesaian pemuatan serta waktu yang diminta untuk menghentikan pemuatan normal 

  1. Sifat pemuatan 
  2. Pengaturan dan kapasitas saluran kargo dan sistem ventilasi gas
  3. Tekanan maksimum yang diperkenankan dan kecepatan aliran selang atau alat darat / kapal
  4. Langkah-langkah pencegahan pada akumulasi arus elektrostatik
  5. Batasan lainnya pada penyesuaian aliran

Hal-hal yang harus dipertimbangkan untuk Pengaturan Klep Pelepasan pada Tangki Kargo 

  1. Tingkat kargo
  2. Area perdagangan

Mengacu kepada panduan operasional untuk pengubahan pengaturan pada klep pelepasan keselamatan. Perubahan harus dicatat didalam catatan kapal dan sebuah tanda ditempelkan pada klep pelepasan dan didalam kamar kendali kargo, yang menunjukkan tekanan yang telah diatur.

Pemeriksaan Tangki Kargo Sebelum Pemuatan 

  1. Dengan pengambilan contoh pada tangki. 
  2. Jika harus masuk kedalam tangki bebas gas, Prosedur Ijin Masuk kedalam Ruangan Tertutup harus dipatuhi.

Pengawasan dan Pengelolaan

  1. Nahkoda dan personil yang bertugas dari terminal bertanggungjawab atas operasi pemuatan dan keselamatan kapal. 
  2. Sebelum memulai operasi kargo atau ballasting, Mualim I harus secara formil menyetujui dan menegaskan bahwa persiapan untuk pengoperasian yang aman telah dilakukan antara kapal dan terminal.
  3. Meskipun semua pengoperasian bisa dikendalikan dari kamar kendali, pengamat dek harus dijaga oleh jumlah awak yang tepat, sehingga semua area di dek berada dibawah pengamatan.
  4. Perwira pengamat harus memastikan bahwa komunikasi terkait pekerjaan terjaga di setiap waktu dengan personil yang bertugas dari terminal.
  5. Ketika memulai operasi kargo, dan ketika menggantikan tugas pengamatan, baik perwira pengamat maupun personil yang bertugas dari terminal harus menegaskan bahwa pekerja diatas kapal dan di darat telah memahami metode komunikasi untuk mengendalikan pekerjaan kargo. 
  6. Semua personil yang terlibat harus memahami sistem berhenti darurat pada kapal dan juga terminal.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI