Persiapan Sebelum Kapal Memasuki Pelabuhan

Persiapan Sebelum Memasuki Pelabuhan

Berikut ini merupakan persiapan yang dilakukan sebelum kapal memasuki pelabuhan.

Pemberitahuan Rencana Kerja

Rencana pemuatan harus dipersiapkan yang berisi rincian jenis minyak yang akan dimuat, tangki pemuatan, urutan tangki pemuatan, ullage setelah pemuatan, kecepatan pemuatan, daya muat setelah pemuatan dan tindakan pencegahan lainnya. Awak Departmen Dek serta personil lainnya yang terkait harus diberitahu mengenai rencana ini.

Menyesuaikan Daya Muat Ketika Memasuki Pelabuhan

Daya muat harus disesuaikan jika diminta oleh otoritas pelabuhan atau mualim atau jika ada peraturan untuk hal tersebut.

Mengikat Klep Berlebihan

Klep yang berlebihan harus diikat, atau mencegah terjadinya salah pengoperasian pada tuas tombol didalam stan klep atau pada konsol kamar pengendalian penanganan kargo, dengan menggunakan tutupan atau penghenti tombol.

Pengendalian Atmosfir Didalam Tangki kargo

Pengendalian atmosfer didalam tangki kargo sangat penting saat mengubah tingkat kargo. Setiap pengangkut gas cair harus memiliki Panduan Operasi Kargo yang memberikan instruksi pengoperasian khusus. Urutan yang berikut ini menjabarkan putaran operasi yang umum, dan komentar tambahan diberikan jika relevan.
Urutan panduan operasi kargo berikut ini menjabarkan putaran operasi yang umum.

Pemeriksaan Mesin dan Peralatan Untuk Penanganan Kargo

Mesin dan peralatan untuk operasi penanganan kargo harus diperiksa dan dilakukan tindakan pemeliharaan, jika perlu.

  1. Peralatan operasi kargo Periksa pengukur tingkat / tekanan / suhu dan kompresor kargo.
  2. Sistem Keselamatan Kargo Periksa alarm tingkat tinggi, sistem mati darurat, sistem penyemprot air, pendeteksi gas terpasang/jinjing dan cahaya di dek. Katup pemadaman dalam keadaan darurat untuk pipa muatan cair harus benar-benar tertutup dalam 30 detik sesudah penyalaan. Sistim pemadaman darurat seharusnya harus diuji sebelum dilakukan operasi kargo.
  3. Peralatan untuk klep yang digerakkan dari jauh Untuk sistem hidrolik jarak jauh: Periksa tekanan minyak dan akumulator, tingkat minyak hidrolik, pengoperasian pompa hidrolik dan indikasi bukaan klep. Jaga pompa tangan darurat dalam keadaan siap. Untuk sistem jarak jauh Pneumatic/listrik: Periksa kompresor udara, kekeringan didalam udara pempatan dan pompa kargo.
Baca: Informasi Kapal Tanker Sebelum Memasuki Terminal Bongkar Muat

Periksa Peralatan komunikasi

Periksa dan siagakan radio pengirim-penerima yang kedap ledakan, mikrofon diatas kapal dan pengeras suara.

Perikas Mesin hidrolik dan peralatan di dek.

Periksa pengoperasian alat tambatan dan derek yang beroperasi secara hidrolik.

Persiapan lainnya

  1. Tali untuk bertambat
  2. Derek 
  3. Kabel api
  4. Sistem pemadaman api
  5. Daftar Berkumpul pada Pencegahan Tumpahan Minyak dan Stasiun Pengangkatan" dan "Daftar Kontak dalam kondisi Darurat" harus ditunjukkan diatas kapal dan diumumkan kepada anggota awak.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI