Pipa meledak Patahnya pekerjaan pipa dan tumpahan kargo

pipa meledak, patahnya pekerjaan pipa dan tumpahan kargo pada pengangkut gas

Untuk sebagian besar kondisi darurat pada semua pengangkut gas mengacu kepada publikasi ‘Prinsip penanganan gas cair diatas kapal dan di terminal’ Bab 9 (Kesehatan dan Keselamatan Diri) dan Bab 10 (Prosedur Darurat).  Semua instruksi dari publikasi harus sepenuhnya diterapkan dan dipatuhi.

Ini kemungkinan adalah hasil dari efek sentakan tekanan, pergerakan berlebihan pada kapal atau selang rusak.

Tindakan berikut ini harus segera dilakukan :

  1. lokalisir tempat dan intensitas cairan yang tumpah atau kebocoran dan segera beritahu staf yang bertanggungjawab diatas kapal.
  2. Nyalakan alarm.
  3. Aktifkan pasukan darurat.
  4. Tutup dari jauh klep yang bekerja (setempat atau dari panel kargo), jika perlu.
  5. Aktifkan sistem E.S.D., jika perlu. 
  6. Pisahkan area sumber dari pemipaan yang berdekatan, kapal, dll. dan hentikan peralatan yang tersambung dengan area ini.
  7. Semua pintu akomodasi harus ditutup dan semua ventilasi jika tidak dalam moda sirkulasi ulang, matikan.
  8. Merokok dan api telanjang dimanapun terlarang, dan tombol listrik digunakan sekecil mungkin.
  9. Personil yang tidak terlibat harus meninggalkan daerah sekitar.
  10. Ventilasi dan/atau alirkan sistem yang terpisah ke tempat yang aman untuk membuatnya tidak bertekanan.
  11. Peralatan pemadaman api dan alat bantu napas yang sesuai harus dipasang untuk segera digunakan; tim darurat harus mengenakan alat bantu napas dan pakaian pelindung.
  12. Cari penyebab tumpahan cairan atau bocor.
  13. Jika bocor diakibatkan meluapnya tangki, pindahkan sistem kargo dengan tepat ke tangki lainnya dengan kargo yang cocok atau – jika tidak cukup ruang tersedia – buang kelebihannya ke laut atau darat.
  14. Perbaiki sumber kebocoran dan tumpahan cairan sesuai dengan situasi dan gunakan alat yang sesuai.
  15. Hindari kontak dengan kargo cairan atau kargo uap.
  16. Hindari cairan mencapai lambung kapal yang normal, dan jika ini tidak memungkinkan, panaskan dengan menyemprotkan air sehingga menghindari patah; sistem semprotan air bisa digunakan untuk mengencerkan gas hingga dibawah L.E.L. atau setidaknya membelokkan kabut gas.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI