TUJAUN PEMISAHAN KARGO CAIR | Kapal Tanker

pemisahan muatan cair dengan jenis berbeda pada pemuatan kapal tanker

TUJAUN PEMISAHAN KARGO CAIR

Jika ada sistem saluran pipa yang biasa untuk berbagai operasi terkait kargo, kontaminasi akan terjadi ketika tingkat kargo yang berbeda dibawa secara serempak. 

Jika diperlukan pemisahan untuk menghindari kontaminasi pada kargo, instruksi dari pengangkut dan ketentuan perundangan harus diamati. Jika menggunakan sebuah sistem pemipaan biasa untuk kargo yang berbeda, berikan perhatian besar untuk memastikan pengeringan yang utuh dan pengeringan sistem pemipaan sebelum pembersihan dengan kargo baru.

Jika mungkin, gunakan sistem pencairan ulang terpisah untuk tiap kargo. Namun demikian, jika terdapat bahaya reaksi kimiawi, maka perlu untuk sepenuhnya menggunakan sistem terpisah, yang dikenal sebagai pemisahan positif, pada setiap waktu, menggunakan potongan kumparan yang bisa dipindah atau bagian-bagian pipa. 

Pembatasan ini harus diterapkan secara setara pada cairan, uap dan saluran ventilasi, jika relevan. Jika pemisahan positif dapat diterima oleh kebanyakan kargo, beberapa zat mungkin memerlukan sistem pemipaan yang sama sekali berbeda. Perlakuan khusus pada kargo tertentu dijelaskan pada Aturan Pembawa Gas IMO yang relevan.

Jika ada keraguan mengenai reaktifitas atau kecocokan kedua kargo, lembar data untuk tiap kargo dan grafik kecocokan kargo harus diperiksa dan minta saran dari pengangkut atau otoritas lainnya. 

Jika saran ini sepertinya tidak memberikan kesimpulan yang tegas, kargo harus diperlakukan sebagai tidak sesuai dan berikan pemisahan positif.

Tindakan pencegahan berikut ini harus diamati:
  1. Dimana aturan dan peraturan mengenai pemisahan, posisi klep, hampa, bengkokan jinjing dan potongan kumparan yang menyertai pemisahan seperti itu harus diatur dengan cermat dan diidentifikasi dengan jelas. Pengaturan untuk pemisahan ini harus diikuti sebagai bagian dari sistem yang disetujui.
  2. Jika kargo yang akan dibawa tidak sesuai, perwira yang bertanggungjawab harus memastikan bahwa sistem saluran pipa untuk tiap kargo sepenuhnya terisolasi dari masing-masing kargo. Ini memerlukan pemeriksaan bahwa semua hampa yang diperlukan untuk terpasang atau pipa potongan kumparan telah diangkat. Data mengenai tindakan yang telah diambil harus dimasukkan kedalam buku catatan kargo.
  3. Dalam hal terdapat dua kargo yang cocok dan ternyata campuran yang tidak berarti diijinkan, sistem yang berdekatan yang membawa kargo yang berbeda harus disekat setidaknya oleh dua klep pada tiap sambungan, atau dengan satu hampa positif yang dapat terlihat.
  4. Saluran pipa umum dan peralatan yang menyertai harus dialirkan, dikeringkan, diberi ventilasi dan diawasi sebelum digunakan untuk kargo lain.
  5. Semua pekerjaan pipa sementara harus dibebaskan dari gas, diawasi, tidak tersambung dan disimpan dengan aman jika tidak digunakan


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI