Daerah yang termasuk Special Area Laut


daerah yang termasuk special area laut
 

Daerah yang termasuk Special Area Laut

Special Area merupakan suatu daerah Khusus yang terdiri dari beberapa lautan, yang memiliki jenis dan batas,dengan luas dan kedalaman tertentu.special area erat kaitannya dengan ilmu pelayaran atau dunia Maritim hal ini dikarenakan daerah-daerah ini terdapat larangan dan aturan yang khusus dalam hal penanganan pembuangan bahan buangan dari kapal yang dapat mengakibatkan pencemaran laut seperti minyak,bahan kimia beracun,kotoran dan sampah.
baca: annex 1-6 aturan di special area
baca: aturan pembuangan residu minyak kelaut

Berikut beberapa laut yang disebut sebagai ‘special Area’

adapun beberapa daerah yang termasuk kedalam spesial area dilaut yaitu; laut mediterania, laut baltic, laut hitam, laut merah, teluk persia, teluk aden, daerah antartika, dan perairan Eropah meliputi: laut utara Eropah, laut Irlandia, bagian barat Irlandia, laut Celtic dan English Channel

Laut Mediterania (Medeterania sea)

Laut Mediterania disebut juga laut tengah yang berarti 'daratan atau negeri tengah adalah daerah yang termasuk special area laut merupakan laut antarbenua yang berada diantara Eropa di utara, Afrika di selatan dan Asia di timur, mencakup wilayah seluas 2,5 juta km²,dan terhubung ke Samudra Atlantik oleh Selat Gibraltar di barat dan Laut Marmara biasanya dianggap bagian dari Laut Tengah dan Laut Hitam, oleh Selat Dardanella dan Bosporus, berurutan di timur. Laut ini biasanya memiliki dua musim yaitu: musim dingin yang basah dan musim panas yang kering.adapun Tanaman spesial daerah ini yaitu zaitun, anggur, jeruk, tangerine, dan cork.

Laut baltic (Baltic sea)

Laut Baltik dalam bahasa jerman artinya "laut timur",adalah daerah yang termasuk special area laut memiliki luas keseluruhan   370.000 km² dan memiliki isi sekitar 21.000 km³.laut ini terletak disebelah timur laut benua Eropa. Laut ini berbatasan dengan semenanjung Skandinavia, tanah dataran Eropa Tengah dan Timur beserta Denmark. Perairannya mengalir ke arah Kattegat dan Laut Utara melalui  Öresund, Sabuk Besar dan Kecil. Selain itu laut Baltik dihubungkan ke Laut Utara dengan terusan Kiel dan dengan Laut Putih dengan terusan Laut Putih.

Teluk Finlandia menghubungkan antara Laut Baltik dengan St. Petersburg. Laut Baltik Utara terletak diantara Stockholm, Finlandia barat daya, dan Estonia. Gotland Basin Barat dan Timur membentuk bagian utama dari Laut Baltik Tengah. Teluk Riga terletak antara Riga dan Saaremaa. Teluk Gdańsk terletak di timur Semenanjung Hel di pesisir Polandia dan barat Sambia di Oblast Kaliningrad.
 Bagian paling barat dari Laut Baltik adalah Teluk Kiel. Ketiga Selat Denmark, Sabuk Besar, Sabuk Kecil dan Öresund menghubungkan Laut Baltik dengan teluk Kattegat dan selat Skagerrak di Laut Utara. Tempat pertemuan kedua laut ini di Skagen di ujung utara Denmark yang banyak dikunjungi oleh banyak wisatawan setiap tahun karena memiliki pemandangan yang indah

Laut hitam (Black sea)

Meski namanya laut hitam, akan tetapi warna air laut ini  tidaklah berwarna hitam seperti namnay, tapi berwarna biru sama seperti laut pada umumnya, special area laut hitam memiliki luas wilayah 422.000 km² dan kedalaman maksimal 2.210 m. adapun Sungai terpenting yang termasuk ke Laut Hitam adalah sungai yang bernama Donau

Laut Hitam merupakan sebuah laut dalam antara Eropa tenggara dan Asia Kecil,dan terhubung dengan Laut Tengah oleh Bosporus dan Lautan Marmara, dan Lautan Azov oleh Selat Kerch. Negara yang berbatasan dengan Laut Hitam yaitu Turki, Bulgaria,Russia,  Romania, Ukraina, Georgia. Semenanjung Krim adalah Republik Otonomi Ukraina.

Adapun Kota penting di pesisir termasuk: Istanbul (dulunya Konstantinopel dan Bizantium), Burgas, Varna, Constanţa, Yalta, Odessa, Sevastopol, Kerch, Novorossiysk, Sochi, Sukhumi, Batumi, Trabzon, Samsun.

Laut merah (Red sea)

Laut Merah atau Laut Teberau adalah daerah yang termasuk special area laut merupakan sebuah teluk yang berada di sebelah barat Jazirah Arab yang memisahkan benua Asia dengan benua Afrika. Jalur ke lautan di selatan melewati Babul Mandib dan Teluk Aden sedangkan di sebelah utara terdapat Semenanjung Sinai dan juga Terusan Suez. Lautan ini di tempat yang terlebar berjarak 300 km dan panjangnya 1.900 km dengan titik terdalam 2.500 m. Laut Merah juga menjadi habitat bagi berbagai makhluk air dan koral.

Teluk Persia

Teluk Persia adalah daerah yang termasuk special area laut merupakan perpanjangan Teluk Oman antara Jazirah Arab dan Iran. Laut pedalaman ini memiliki seluas 233.000 km² yang dihubungkan dengan Teluk Oman di timur oleh Selat Hormuz, dan akhir baratnya ditandai dengan delta sungai utama Arvand Rood, yang membawa air dari Karun, Eufrat dan Tigris. Luas wilayahnya 241.000 km². Panjangnya ialah 989 kilometer yang menghubungkan terutama Iran dari Arab Saudi dengan pembagi terpendek dari sekitar 56 km di Selat Hormuz.

Panjangnya adalah 1.000 km, dan luas maksimalnya 370 km. Ke selatan, garis pantainya rendah, sedangkan pesisir  bagian Irannya bergunung-gunung. dengan Suhu tinggi, dan kadar garam sekitar 40%, yang diakibatkan oleh penguapan yang lebih tinggi dari pasokan air segar. Sumber air segar utamanya dari Irak, dengan Arvand Rud, pertemuan Sungai Eufrat, Tigris dan Karun.

Teluk Aden

Teluk Aden terletak di Samudera Hindia, terletak diantara Yaman di Jazirah Arab bagian selatan dan Somalia di Afrika. Di barat laut dia berhubungan dengan Laut Merah melalui Selat Bab-el-Mandeb.

Teluka Aden merupakan lalu lintas pelayaran yang penting bagi pengeboran minyak Teluk Persia membuatnya menjadi sangat penting bagi ekonomi dunia. Teluk ini memiliki banyak variasi ikan, koral dan hewan lainnya karena sedikit polusi. Pelabuhan utama di sekitar sini adalah Aden di Yaman dan Berbera di Somalia.

Kemananan di sini sangat berbahaya karena Yaman dan Somalia kedua negara sangat tidak stabil. Teluk Aden adalah tempat utama pembajakan, membuatnya menjadi sangat berbahaya untuk berlayar di sini. Selain itu, Teluk Aden juga rawan akan teroris karena pengeboman USS Cole dan tanker minyak Perancis juga terkena serangan oleh teroris di sini.

DerahAntartika

DerahAntartika adalah daerah yang termasuk special area dilaut merupakan benua yang meliputi Kutub Selatan bagian Bumi, hampir semuanya terletak di Lingkar Antarktika dan dikelilingi oleh beberapa samudra antaralain Samudra Pasifik, Samudra Atlantik dan Samudra Hindia. Dengan luas 14.0 juta km2 (5.4 juta sq mi), antarktika merupakan benua terluas kelima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Sebagai perbandingan, Antarktika hampir dua kali ukuran Australia. Sekitar 98% dari Antarktika ditutupi oleh es yang memiliki rata-rata ketebalan minimal 1,9 km3, seluruh daratan meluas tetapi di bagian utara mencapai Semenanjung Antarktika.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI