CARA MEMBACA KATALOG PETA LAUT

katalog peta

CARA MEMBACA KATALOG PETA LAUT

Pada kesempatan kali ini kita akan jelaskan cara membaca katalog peta laut hanya secara garis besarnya dengan menggunakan sebuah gambar diatas ini.

Jika kalian perhatikan dengan teliti pada gambar diatas, terdapat beberapa daerah yang di dalamnya terdapat sebuah garis berbentuk kotak. Di dalam garis kotak tersebut terdapat nomor Peta daerah yang bersangkutan sesuai ukuran kotak.

Sebagai Contoh :
Kalian yang akan melakukan pelayaran dari Makassar Menuju jakarta, untk mencari berapa nomor Peta Laut yang akan digunakan hingga kapal boleh tiba dari makassar sampai jakarta adalah kalian menghubungkan garis berbentuk kotak tersebut mulai dari kotak yang ada tulisan kota makassar, dan kotak berikutnya usahakan masih masuk dalm kotak kota wilayah makassar, begitu seterusnya sambung menyambung garis kotaknya hingga masuk pada kotak yang mengcover daerah jakarta.
kesimpulan dari pembahasan saat ini dalam Pembacaan Katalog peta adalah bagaimana kalian menghubungkan garis yang berbentuk kotak tersebut dan pastikan garis kotak kedua masih terhubung dengan garis kotak pertama dan seterusnya hingga tiba di kota tujuan. 

Pastikan kalian juga Menemukan  peta Penjelas pelabuhan Tujuan yaitu dengan memperhatikan di dalam garis kotak yang besar ada garis kotak yang berukuran kecil yang artinya adalah garis kotak kecil tersebut hanya fokus ke daerah tertentu yang cakupan areanya tidak begitu luas dibanding garis kotak yang besar yang mncakup area atau daerah lebih luas.

Di dalam garis berbentuk kotak tersebut terdapat Nomor Peta Pelaut. Nomor Peta Laut inilah yang nantinya kita gunakan untuk membuat passage plan.
Semoga dengan pembahasan singkat kali ini, ada sedikit gambaran untuk kalian yang ingin belajar cara membaca Katalog Peta Laut untuk mencari Nomor Peta yang akan di gunakan dalam suatu route pelayaran.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI