Pedoman Pemeliharaan Bagian Mesin Kapal

Pedoman Pemeliharaan Bagian Mesin Kapal


Stadard Pemeliharaan Bagian Mesin

Tujuan pemeliharaan permesinan kapal yaitu untuk mengendalikan atau memperlambat tingkat kemerosotan atau kerusakan pada permesinan kapal. berikut  ini merupakan standar pemeliharaan bagian mesin kapal.

High Speed Engine 

Adapun pemeliharaan yang dilakukan pada High Speed Engine secara berkala adalah sebagai berikut:
Bed plate dan column pengetatan tension bolts dan
anchor bolts
tiap tahun
Reduction Gear Open up Check  Clearance Sesuai Jam Kerja
Gear Boks open up maintenance tiap tahun
LO sump tank Membersihkan Sesuai Jam Kerja
LO cooler membersihkan dan penggantia zink tiap tahun
Injector Open Up Maintenance Sesuai Jam Kerja
High Pressure Pump Open Up Maintenance Sesuai Jam Kerja

Beberapa bagian Penting yang Perlu Diperiksa

  • Kepala Silinder Pemeriksaan perubahan warna ruang bakar, katup isap dan katup buang; korosi dan retak-retak, serta kerak karbon
  • muka kontak dengan blok silinder; apakah terdapat bekas kebocoran gas dan air, serta perubahan bentuk
  • kontak antara muka katup dan dudukannya; kerusakan katup atau dudukannya
  • saluran air pendingin; kotoran, kerak-kerak, penyumbatan atau kerusakan lainnya
  • baut-baut pengikatnya; apakah terdapat perubahan bentuk atau kerusakan pada ulirnya
  • tutup saluran air pendingin; apakah berkarat atau bocor kerusakan elektroda anti-korosi (zinc anoda)

Elective Generator 

Berikut ini pemeliharaan yang dilakukan pada elective generator secara berkala adalah sebagai berikut:
Rotor,stator, brush dll inspeksi & membersihkan  sesuai buku instruksi
Water cooler membersihkan dan penggantian zinc anode tiap tahun


Emergency Power Suply Equipment 

Untuk pemeliharaan yang dilakukan pada Emergency Power Suply Equipment  secara berkala adalah sebagai berikut:
Emergency generator test kerja tiap bulan


Switch Board 

Untuk pemeliharaan yang dilakukan pada Switch Board  secara berkala adalah sebagai berikut: 
Main switchboard open up maintanace (di sub kontrakkan) sesuai buku instruksi


Air Compressor 

Sedangkan Untuk pemeliharaan yang dilakukan pada Air Compressor  secara berkala adalah sebagai berikut:
Baca: Fungsi serta jenis-jenis compressor di kapal 
Piston dicabut, diperiksa &dirawat sesuai buku instruksi
Suction/discharge valve penggantian dan perawatan sesuai keadaan
Crank case Pemerikasaan dalam dan penggantian LO sesuai keadaan
Inter cooler buka, bersihkan dang anti zinc anode sesuai keadaan


PUMPS (PUMPS yang dimaksud adalah yang disebut dalam CMS) 

Berikut ini merupakan pemeliharaan yang dilakukan pada PUMPS  secara berkala adalah sebagai berikut:
Baca: jenis-jenis Pumps Dikapal
LO pump untuk M/E buka, perawatan & inspeksi sesuai buku instruksi
FO pump untuk ME/AE buka, perawatan & inspeksi sesuai keadaan
Transfer Pump utk DO/HFO perawatan sesuai keadaan
FW pump untuk M/E buka, perawatan & inspeksi sesuai buku instruksi
Feed pump utk auxillary boiler buka, perawatan & inspeksi sesuai buku instruksi
Sea water pump buka, perawatan & inspeksi sesuai keadaan
Ballast pump buka, perawatan & inspeksi sesuai keadaan
Membuka dan merawat SW pump dan Ballast pump, pada prinsipnya dilakukan sekali setahun, dan waktu perawatan berikutnya ditentukan sesuai hasil pemeriksaan. Pompa yang tidak disebut dalam daftar CIMS harus dirawat sesuai keadaan. 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI