Stadard Pemeliharaan Bagian Mesin
Tujuan pemeliharaan permesinan kapal yaitu untuk mengendalikan atau memperlambat tingkat kemerosotan atau kerusakan pada permesinan kapal. berikut ini merupakan standar pemeliharaan bagian mesin kapal.
High Speed Engine
Adapun pemeliharaan yang dilakukan pada High Speed Engine secara berkala adalah sebagai berikut:
Bed plate dan column | pengetatan tension bolts dan anchor bolts |
tiap tahun |
Reduction Gear | Open up Check Clearance | Sesuai Jam Kerja |
Gear Boks | open up maintenance | tiap tahun |
LO sump tank | Membersihkan | Sesuai Jam Kerja |
LO cooler | membersihkan dan penggantia zink | tiap tahun |
Injector | Open Up Maintenance | Sesuai Jam Kerja |
High Pressure Pump | Open Up Maintenance | Sesuai Jam Kerja |
Beberapa bagian Penting yang Perlu Diperiksa
- Kepala Silinder Pemeriksaan perubahan warna ruang bakar, katup isap dan katup buang; korosi dan retak-retak, serta kerak karbon
- muka kontak dengan blok silinder; apakah terdapat bekas kebocoran gas dan air, serta perubahan bentuk
- kontak antara muka katup dan dudukannya; kerusakan katup atau dudukannya
- saluran air pendingin; kotoran, kerak-kerak, penyumbatan atau kerusakan lainnya
- baut-baut pengikatnya; apakah terdapat perubahan bentuk atau kerusakan pada ulirnya
- tutup saluran air pendingin; apakah berkarat atau bocor kerusakan elektroda anti-korosi (zinc anoda)
Elective Generator
Berikut ini pemeliharaan yang dilakukan pada elective generator secara berkala adalah sebagai berikut:
Rotor,stator, brush dll | inspeksi & membersihkan | sesuai buku instruksi |
Water cooler | membersihkan dan penggantian zinc anode | tiap tahun |
Emergency Power Suply Equipment
Untuk pemeliharaan yang dilakukan pada Emergency Power Suply Equipment secara berkala adalah sebagai berikut:
Emergency generator | test kerja | tiap bulan |
Switch Board
Untuk pemeliharaan yang dilakukan pada Switch Board secara berkala adalah sebagai berikut:
Main switchboard | open up maintanace (di sub kontrakkan) | sesuai buku instruksi |
Air Compressor
Sedangkan Untuk pemeliharaan yang dilakukan pada Air Compressor secara berkala adalah sebagai berikut:
Baca: Fungsi serta jenis-jenis compressor di kapal
Piston | dicabut, diperiksa &dirawat | sesuai buku instruksi |
Suction/discharge valve | penggantian dan perawatan | sesuai keadaan |
Crank case | Pemerikasaan dalam dan penggantian LO | sesuai keadaan |
Inter cooler | buka, bersihkan dang anti zinc anode | sesuai keadaan |
PUMPS (PUMPS yang dimaksud adalah yang disebut dalam CMS)
Berikut ini merupakan pemeliharaan yang dilakukan pada PUMPS secara berkala adalah sebagai berikut:
Baca: jenis-jenis Pumps Dikapal
LO pump untuk M/E | buka, perawatan & inspeksi | sesuai buku instruksi |
FO pump untuk ME/AE | buka, perawatan & inspeksi | sesuai keadaan |
Transfer Pump utk DO/HFO | perawatan | sesuai keadaan |
FW pump untuk M/E | buka, perawatan & inspeksi | sesuai buku instruksi |
Feed pump utk auxillary boiler | buka, perawatan & inspeksi | sesuai buku instruksi |
Sea water pump | buka, perawatan & inspeksi | sesuai keadaan |
Ballast pump | buka, perawatan & inspeksi | sesuai keadaan |
Membuka dan merawat SW pump dan Ballast pump, pada prinsipnya dilakukan sekali setahun, dan waktu perawatan berikutnya ditentukan sesuai hasil pemeriksaan. Pompa yang tidak disebut dalam daftar CIMS harus dirawat sesuai keadaan.
silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI