Oil Record Book atau Buku catatan Minyak Kapal

bentuk dan jenis buku catatan minyak atau oil record book

Oil Record Book atau Buku catatan Minyak Kapal

Oil Record Book atau Buku catatan Minyak Kapal adalah sebuah buku berwarna merah yang berada di kamar mesin, yang diisi setiap ada kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan minyak dikapal.

Setiap kapal tanker dengan ukuran150 GT keatas dan setiap kapal selain tanker dengan ukuran  400 GT keatas, telah disediakan dengan Buku Catatan Minyak Bagian I (Mesin operasi ruang).
Buku Catatan Minyak Bagian I harus disimpan ditempat yang siap untuk diperiksa setiap saat, dan, akan disimpan di atas kapal untuk jangka waktu tiga tahun setelah entri terakhir telah dibuat.

Hal-Hal Yang Harus Dicatat di dalam Oil Record Book

Hal-Hal Yang Harus Dicatat di dalam Oil Record Book I dan Oil Record Book II Berlaku bagi kapal tanker 150 GT atau lebih dan kapal non tanker 400 GT atau lebih. Hal-hal (kegiatan) yang harus dicatat pada Oil Record Book I adalah:
  1. pencucian tangki bahan bakar atau tolak bara 
  2. pembuangan tolak bara kotor atau air pencucian tangki bahan bakar
  3. pembuangan residu minyak (sludge)
  4. pembuangan air bilga keluar kapal
  5. pembuangan residu yang tidak memenuhi persyaratan pada saat kondisi darurat

OIL RECORD BOOK 1

Buku Catatan Oli Bagian I harus diselesaikan pada setiap kesempatan, berdasarkan isi tangki-tangki  setiap kali dilakukan hal-hal seperti berikut di kamar mesin:
  • ballasting atau pembersihan tangki bahan bakar minyak;
  • pembuangan balas kotor atau air pembersih dari tangki bahan bakar minyak;
  • pengumpulan dan pembuangan residu minyak (lumpur dan residu minyak lainnya);
  • pembuangan ke laut atau pembuangan sebaliknya dari air lambung yang telah terakumulasi di ruang mesin; dan
  • bunker bahan bakar atau oli pelumas besar.

OIL RECORD BOOK 2

Oil Record Book II adalah catatan yang berkaitan dengan operasi tolak bara/ muatan. Berlaku bagi kapal tanker ukuran 150 GT atau lebih. Kegiatan yang harus dicatat adalah:
  • Pencucian tangki muatan
  • Pembuangan tolak bara kecuali dari SBT
  • Pembuangan air dari tangki Slop
  • Penutupan katup-katup sesudah operasi pembuangan dari tangki Slop
  • Pembuangan residu/endapan dari tangki
  • Pembuangan residu yang tidak memenuhi persyaratan pada saat kondisi darurat
baca: tentang pencegahan pencemaran oleh MARPOL

Pemeriksaan Buku Catatan Minyak (OilRecordBook)

Otoritas yang berkompeten dari Pemerintah dari suatu Pihak pada Konvensi ini dapat memeriksa Buku Catatan Minyak Bagian I di atas kapal, saat kapal berada di pelabuhan atau terminal lepas pantai. 

Otoritas yang berkompeten dapat membuat salinan dari setiap entri dalam buku dan mungkin meminta master kapal untuk menyatakan bahwa salinannya adalah salinan asli dari entri tersebut.

Setiap salinan yang dibuat yang telah disertifikasi oleh master kapal sebagai salinan entri yang benar dalam Buku Catatan Oli kapal Bagian I harus dapat diterima dalam proses hukum apa pun sebagai bukti fakta yang tercantum dalam entri. 

Pemeriksaan Buku Catatan Minyak Bagian I dan pengambilan salinan resmi oleh otoritas yang berwenang di bawah paragraf ini harus dilakukan sesegera mungkin tanpa menyebabkan kapal ditunda keberangkatanya terlalu lama.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

silahkan berkomentar secara bijak dan sesuai dengan topik pembahasan. TERIMAKASI